POLISI AMANKAN PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA JENIS GANJA DI DISTRIK ARSO KABUPATEN KEEROM

TC/ Jayapura – Bertempat di Kampung Kwimi dan Kampung Yanamaa – Pir I, Distrik Arso, Kab. Keerom telah di laksanakan penangkapan pelaku Tindak Pidana Narkotika jenis Ganja di wilayah kab. Keerom. Sabtu, (30/05/20).

Kadapun kronologis Penangkapan,
Pada hari dan tanggal tersebut di atas, Pukul 12.00 Wit, Aipda Edi Hamonangan SH, Memperoleh informasi dari masyarakat Bahwa ada sebuah mobil Warna putih yang di gunakan oleh Pelaku an. Marta dan Benyamin sedang melakukan transaksi narkotika jenis Ganja di kampung Yanamaa, Distrik Arso, Kab. Keerom.

Pukul 15.00 Wit, Aipda Edi Hamonangan SH, memperoleh informasi kembali dari masyarakat bahwa mobil yang digunakan oleh kedua pelaku sudah keluar dari kampung Yanamaa, dan berangkat menuju Jayapura. Selanjutnya Aipda Edi Hamonangan SH, melakukann pengejaran sambil menghubungi Anggota polres keerom yang sedang melakukan penjagaan di Pos PSBB Arso VII kampung Warbo, Distrik Arso Barat, Kab. Keerom, untuk memberhentikan mobil tersebut.

Setelah tiba di pos PSBB Arso VII, kampung Warbo, mobil mobil yang digunakan oleh kedua pelaku di berhentikan dan di lakukan pemeriksaan. Saat dilakukan pemeriksaan oleh personil ditemukan Narkotika jenis Ganja, sehingga kedua pelaku an. Marta dan Benyamin beserta barang bukti di amankan ke Polres keerom.

Pukul 15.30 Wit, Pelaku an. Marta dan Benyamin beserta barang bukti tiba di polres Keerom dan langsung di laksanakan Penyelidikan oleh piket Sat Resnarkoba untuk pengembangan lebih lanjut. Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa kedua pelaku memperoleh Narkotika jenis Ganja tersebut dari pelaku an. Marice di kampung Yanamaa – Pir 1, Distrik Arso, Kab. Keerom, dengan cara menukar 2 botol Minuman keras dan Uang Tunai sebesar Rp. 500.000.

Pukul 16.00 Wit, Anggota Sat Resnarkoba dengan di BeckUp Timsus Polres Keerom, Sat IK dan Propam Polres Keerom melakukan penangkapan terhadap Pelaku an. Oscar dan Marice di kampung Yanamaa Pir 1, Distrik Arso, Kab. Keerom. Setelah berhasil diamankan kedua pelaku di bawa ke Mako Polres Keerom untuk dilakukan penyelidikan.

Pukul 16.30 Wit, Pelaku an. Oscar dan Marice beserta barang bukti tiba di polres Keerom dan langsung di laksanakan penyelidikan oleh piket Sat Resnarkoba untuk pengembangan lebih lanjut. Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa kedua pelaku memperoleh Narkotika jenis Ganja tersebut dari Pelaku an. Febien di kampung Kwimi, Distrik Arso, Kab. Keerom.

Pukul 17.00 Wit, Anggota Sat Resnarkoba dengan di BeckUp Timsus Polres Keerom, Sat IK dan Propam Polres Keerom melakukan penangkapan terhadap Pelaku an. Febien di kampung Kwimi, Distrik Arso, Kab. Keerom.
Pukul 17.40 Wit, Tim tiba di rumah Pelaku an. Febien kompleks perumahan Guru, SD Negeri 1 Kwimi, Kampung Kwimi, Distrik Arso, Kab. Keerom dan selanjutnya melakukan pengeledahan rumah pelaku. Saat tim melakukan penggeledahan ditemukan Barang bukti narkotika jenis Ganja, 1 bungkus plastik berisi biji ganja, Miras merek Jenever, 2 Unit Laptop, 11 Unit Handphone berbagai merek dan uang hasil menjual ganja senilai Rp 957.000. Selanjutnya pelaku beserta Barang Bukti di Bawa Ke Mako Polres Keerom untuk pemeriksaan lebih lanjut Oleh sat Res Narkoba Polres Keerom.

Pukul 18.20 Wit, Tim beserta Pelaku an. Febien dan Barang bukti tiba di polres Keerom. Selanjutnya di lakukan penyelidikan lebih lanjut oleh Res Narkoba Polres Keerom.

Identitas Pelaku:
1. Marta Dewi Tabuni, perempuan, 36 Tahun, warga Ardipura IV, RT 002 / RW 005, Kota Jayapura;
2. Benyamin Demetouw, Laki-laki, 33 Tahun, warga Jl. Lembah bahari, Dok V yapis, kota Jayapura;
3. Oscar Girbes, Laki-laki, 33 Tahun, warga Kampung Yanama – Pir 1, Distrik Arso, kab. Keerom;
4. Marice Mariones, Perempuan, 29 Tahun, warga Kampung Yanamaa, Distrik Arso, Kab. Keerom;
5. Febien Enda, Laki-laki, 42 Tahun, warga Kampung Kwimi, Distrik Arso, Kab. Keerom.

Barang bukti yang diamankan:
1. 6 bungkus plastik bening ukuran sedang berisi ganja;
2. 1 unit mobil avansa warna putih DS 1844 AW;
3. Uang senilai Rp.200.000;
4. 5 bungkus plstik bening ukuran besar berisi ganja;
5. 5 bungkus plstik bening ukuran kecil berisi ganja;
6. 1 bungkus kertas putih berisi ganja;
7. 1 bungkus plastik ukuran kecil berisi biji ganja;
8. Uang senilai Rp.957.000;
9. 11 unit handphone dgn brbagai merek;
10. 2 unit laptop;
11. 1 botol minuman keras merek jenever.

Tindakan Kepolisian:
Menerima laporan, mendatangi TKP, mengamankan pelaku dan barang bukti ke Mapolres Keerom, melakukan penyelidikan dan penyidikan, membuat laporan Polisi. Kasus tersebut dalam penangan Sat Narkoba Polres Keerom.

Atas perbuatannya Ke 5 pelaku dikenai Pasal 114 ayat (1) dan pasal 111 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman Minimal 4 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara serta denda paling sedikit Rp. 800.000.000,- ( Delapan Ratus Juta Rupiah) dan paling banyak Rp. 10.000.000.000,- ( Sepuluh Milyar). [TC-team]

Sumber : Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here