Kapolda Papua Resmikan Rumah Dinas Polres Keerom

Keerom – Kapolda Papua melaksanakan Peresmian Rumah dinas Polres Keerom dalam ragka Hari Bhayangkara ke 74, bertempat di Kabupaten Keerom. Rabu, (01/07).

Hadir dalam kegiatan tersebut,
Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, PJU Polda Papua, Bupati Keerom, Kapolres Keerom, Dandim 1701/Jayapura, Ketua DPRD Kab. Keerom, Perwakilan Kajari, Para Kepala SKPD Kab. Keerom, Ketua Cabang Bhayangkari Keerom, Para tamu undangan yg hadir.

Sambutan Kapolda Papua sekaligus meresmikan Rumah Dinas Polres Keerom, dalam kesempatannya mengatakan marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberikan kesehatan, kekuatan dan kesempatan untuk dapat hadir di tempat ini guna mengikuti syukuran dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 dan peresmian rumah dinas Polres Keerom serta Launching Binmas Pioner, dalam suasana pandemi Covid-19 namun penuh bahagia dan keakraban.

Pada kesempatan ini saya atas nama pribadi dan selaku pimpinan dilingkungan Polda Papua mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke –74 Tahun kepada seluruh personel dan keluarga besar Polda Papua, diiringi dengan ucapan terima kasih atas segenap kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang telah dipersembahkan dalam meningkatkan kinerja serta pelayanan dalam rangka mewujudkan organisasi Polri yang unggul dan dipercaya masyarakat serta dapat bermanfaat bagi kejayaan bangsa dan negara dan bernilai ibadah dihadapan Tuhan YME.

Kita menyadari, bahwa seluruh capaian dan keberhasilan yang telah diraih dalam setiap pelaksanaan tugas, tidak terlepas dari dukungan dan peran serta aktif segenap stakeholders dan masyarakat. oleh karena itu, pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada mitra kerja dan semua pihak yang telah membantu Polri selama ini.

Perlu kami sampaikan bahwa tema yang diangkat pada peringatan hari Bhayangkara ke – 74 tahun ini yaitu “kamtibmas kondusif, masyarakat semakin produktif”, tema ini merupakan refresentasi dari tekad dan semangat Polri dalam menghadapi pandemi Covid-19. hal tersebut menjadi penting untuk dilaksanakan karena saat ini kita telah memasuki tahapan new normal dimana mau tidak mau kita harus berdampingan dengan virus corona.

Pada kesempatan yang berbahagia ini juga, kita akan meresmikan pembangunan rumah dinas Polres Keerom type 36 sebanyak 16 pintu yang tahapan pengerjaannya dimulai sejak tanggal 4 april 2019 yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara sebesar rp. 4.196.440.000,- (empat milyar seratus sembilang puluh enam empat ratus ribu empat puluh rupiah).

Satu hal yang perlu diingat, bahwa nominal pembangunan sarana ini cukup besar, secara langsung atau tidak langsung merupakan hasil dari kewajiban masyarakat dalam membayar pajak dan kewajiban pembayaran lainnya yang dikumpulkan oleh negara. hal tersebut mengandung arti bahwa apa yang telah diserahkan masyarakat kepada negara harus dapat dikembalikan oleh setiap personel Polri dalam bentuk jasa pelayanan yang prima yaitu pelayanan dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin hingga menimbulkan rasa yang puas dari masyarakat.

Dengan keberadaan rumdin yang baru ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja serta semangat dan motivasi anggota untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jangan sampai mengecewakan masyarakat, tidak boleh arogan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya menghadapi pandemi Covid-19 ini, Polda Papua akan melaunching Binmas Pioner di lahan Polda Papua untuk mengajak masyarakat untuk lebih produktif dan mandiri dalam rangka menjaga ketahanan pangan di wilayah masing-masing.
Kegiatan Binmas Pioner ini juga merupakan wujud kehadiran negara dalam hal ini Polri untuk hadir ditengah-tengah masyarakat memberikan rasa aman dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif serta untuk menumbuh kembangkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.

Kedepan, Polri akan dihadapkan pada berbagai agenda kalender kamtibmas yang membutuhkan pengamanan secara serius dan sungguh – sungguh, antara lain pengamanan Pilkada serentak di 11 Kabupaten, rencana pengesahan undang-undang omnibus law dan isu-isu rasisme yang terus digulirkan oleh para pihak yang tidak sepaham dengan kita. dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh Polri baik itu sdm dan sarana prasarananya, maka untuk mencapai hasil yang lebih optimal, setiap kegiatan perlu dilakukan koordinasi dan kerjasama secara sinergis dengan berbagai instansi terkait termasuk dengan media massa.

Menghadapi berbagai agenda tersebut, saya berharap seluruh Jajaran Polda Papua mempersiapkan Sispamkota dan rencana pengamanan dengan sebaik–baiknya. lakukan identifikasi kerawanan – kerawanan dan potensi konflik yang ada dan lakukan langkah–langkah antisipasinya. saya mengingatkan pelaksanaan pengamanan tersebut jangan dianggap sebagai kegiatan yang rutin karena bisa membuat kita lengah. kita tidak boleh under estimate, semua ancaman dan resiko harus diperhitungkan dengan cermat karena setiap kegiatan memiliki faktor dan tingkat kerawanan yang berbeda. kalau semua perencanaan dan persiapannya telah dilakukan dengan baik, ditindaklanjuti dengan chek dan re-chek, saya yakin pelaksanaan dan hasilnya akan baik.

Kami menyadari, bahwa berbagai upaya yang dilakukan Polri selama ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat belum sepenuhnya memenuhi harapan. untuk itu, pada kesempatan ini, saya selaku pimpinan Polri dilingkungan Polda Papua mohon maaf atas berbagai kekurangan dan kelemahan Polri dalam pelayanan kepada masyarakat yang belum maksimal.

kedepan, Jajaran Polda Papua terus berupaya secara konsisten dan senantiasa mengharapkan adanya masukan, kritik dan saran yang kontruktif dari seluruh lapisan masyarakat sehingga kualitas pelayanan kepolisian akan semakin meningkat.

Akhirnya, dengan mengucapkan “puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa”. pada hari ini rabu tanggal 1 juli 2020, pukul 14.50 WIT, Rumah Dinas Polres Keerom type 36 berjumlah 16 pintu “saya nyatakan resmi digunakan”.

Selamat bekerja, tunaikan tugas dengan sebaik-baiknya, jadikan kepercayaan masyarakat sebagai salah satu standar keberhasilan pelaksanaan tugas kepolisian.

Demikian sambutan saya, semoga tuhan yang maha esa, senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-nya kepada kita semua, dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam kesempatan nya Dir Binmas Polda Papua mengatakan bahwa perencanaan ini pernah dilaksanakan oleh senior kita terdahulu kemudian atas petunjuk Wakapolda dengan Karo Rena bahwa yang terakhir adalah Kapolda Papua sehingga momeni ini mengingatkan kembali pada 19 tahun yang lalu.

Terdapat prasasti di ujung sebelah kanan lahan yang telah ditandatangani oleh Bapak Umarsidin dan Bapak Hutagalung, setelah pelaksanaan kegiatan Binmas Pioner kami berencana untuk Bapak Kapolda membuat prasasti dimana ini akan berkelanjutan.
Tanah kita di Polda Papua terdapat -+ 100 Hektar yang sudah ada disimak dan kita harus amankan sebagaimana untuk kepentingan seluruh anggota, Kepada Kapolda dan seluruh Satker Jajaran berkenan untuk mengolahnya yang sdh dibagi menjadi 50×400 m.

TC//Admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here