Hak Kelola SDA Masyarakat Adat Papua Itu Harga Mati

Oleh: John NR Gobai

JAYAPURA, TIFACENDERAWASIH.com – Hak untuk mengelola sumber daya alam yang ada di wilayah adat Papua adalah hak Azazi yang di bawa sejak lahir oleh Masyarakat Adat Papua. Sehingga klaim bahwa Masyarakat adat adalah pemilik dari berbagai sumber daya alam yang ada di wilayahnya, merupakan keyakinan yang kebenarannya tidak dapat di ukur oleh sertifikat tanah atau sejenisnya yang dikeluarkan belakangan setelah sistem hukum Negara berlaku.

Hak kelola SDA
Hak itu merupakan hak bawaan yang di jamin oleh berbagai regulasi baik Internaional maupun nasional sejak mereka dilahirkan dan menjadi anggota dari komunitas adatnya. Kemudian dalam perkembangannya negara menegasikan hak bawaan itu, sehingga terjadi berbagai konflik antara pemegang hak bawaan dengan pemegang hak pengelolaan yang diberikan oleh negara terjadi hampir di semua tempat.
Seiring perkembangan jaman dan tuntutan kebutuhan, sumber daya alam diperlukan untuk dikelola.

Pilihan pengelolaan
Dua pilihan pengelolaan adalah: 1. Pengelolaan secara mandiri oleh masyarakat adat (basis kelompok), 2. Pengelolaan diserahkan pihak lain dalam hal ini swasta atau pemerintah atau lembaga keuangan dengan pola kerjasama yang saling menguntungkan.

Kedua pilihan tersebut sebenarnya bisa dilakukan bila peran negara/pemerintah sebagai regulator bagi kegiatan tersebut bisa berjalan dengan benar. Namun kenyataannya, peran pemerintah sejauh ini masih sangat berpihak kepada investor dan cenderung meminggirkan masyarakat adat, sehingga sebagai kepedulian maka haruslah diperjuangkan ruang kelola SDA bagi masyarakat adat dan memperjuangkan hak masyarakat adat dalam Pengelolaan SDA.
Kedua pilihan tersebut tentu saja tidak akan menghilangkan peran Negara sebagai regulator bagi kegiatan pertambangan, kehutanan, perikanan, sumber air,dll sehingga bisa dipastikan Negara tidak akan mengalami kerugian dari sisi pendapatan, hanya yang berbeda adalah siapa yang mengelola dan untuk apa keuntungan yang didapat.

Masyarakat Adat Papua harus mendapat ruang kelola itulah Visi Forum ini, sudah banyak pengalaman memberikan pelajaran, sudah banyak pelajaran telah kami dapat untuk itu inilah saatnya masyarakat adat papua harus mengelola SDA di Tanah Papua, kami sangat paham, apa yang menjadi hak Negara akan kami berikan kepada Negara sehingga saya harus katakan bahwa hak pengelolaan SDA oleh masyarakat Adat Papua itu harga mati.

(Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here