Selaku Kuasa Hukum Para Anggota MRPB, Warinussy: Dalam Laporan dan Pengaduan Tidak Pernah Menyebutkan Oknum

TC,- Yan Christian Warinussy SH, selaku kuasa hukum para anggota MRPB yang melaporkan dugaan penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan ke Kejaksaan Agung Republik Indonesia menegaskan bahwa dalam laporan dan pengaduan tersebut tidak pernah menyebutkan oknum di MRPB.

“Sebagai Advokat dan Kuasa Hukum dari para anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) yang melaporkan dugaan penyelewengan keuangan dan penyalahgunaan anggaran ke Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI), saya ingin meluruskan pemberitaan media bahwa sedikit pun dalam laporan dan pengaduan para klien kami sama sekali tidak menyebutkan oknum siapapun di MRPB, termasuk Ketua atau Wakil Ketua MRPB,” terangnya.

Warinussy mengatakan bahwa justru laporan yang klien saya sudah disampaikan ke Inspektorat Provinsi Papua Barat maupun ke institusi penegak hukum seperti Kejaksaan Agung (Kejagung RI) maupun Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat.

“Justru laporan pengaduan para klien kami sesungguhnya mengarah kepada Bendahara Gaji MRPB. Sebab diduga keras ada terjadi pemotongan gaji para anggota MRPB secara melawan hukum,” bebernya.

Juga, lanjutnya terdapat keanehan karena gaji para anggota MRPB Yang Mulia di bayar dengan prosedur dan mekanisme yang tidak lazim, seperti dibayar tunai dan tidak ditransfer atau disetor ke rekening masing-masing anggota.

“Kemudian ada juga pembayaran gaji dan rapel gaji anggota MRPB Yang Mulia dilakukan secara tunai oleh bagian keuangan Sekretariat MRPB di kediaman salah satu Pimpinan MRPB hingga selesai,” tandasnya.

Kemudian pada saat pembayaran tersebut terjadi pemotongan gaji anggota MRPB, bahkan dengan alasan untuk setoran pajak?

“Pertanyaannya apakah ada bukti setoran pajak ke Kantor ? Jadi fokus laporan pengaduan pada tata kelola keuangan di lingkungan Sekretariat MRPB dan bukan ke individu seperti halnya saudara Maxi Ahoren selaku Ketua MRPB,” tutup Warinussy.

(RV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here