Osea Petege Dorong Pemerintah Sukseskan Pilkada PSU Kabupaten Nabire 2021

TIFACENDERAWASIH,- Dalam rangka mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Nabire pada khususnya, serta umumnya di Papua. yang bisa memberi informasi kepada khlayak umum adalah Wartawan. Hal ini di sampaikan Osea Petege saat di temui awak Media di kediamanya di Kampung Bumi Wonorejo, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire – Papua. Rabu, (21/04/2021).

Kepada awak Media Osea Petege selaku tokoh intelektual Muda Nabire mengatakan, “dalam hal ini kami hanya tau kerja namun yang mempublikasikan adalah wartawan. menurutnya (Osea Petege), wartawan posisinya sangat strategis sehingga hari ini saya mengundang teman-teman Media untuk menyampaikan beberapa hal yang harus kita dorong. salahsatunya yaitu hal yang paling penting dimana kita sedang di perhadapkan dengan tahapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Suara Ualang (PSU) di Kabupaten Nabire.

“Tentunya Pilkada PSU di Nabire tidak ada alasan untuk di tunda atau diperlambat. karena sesuai putusan MK, bahwa hal tersebut wajib untuk di laksanakan tanpa ada alasan. Sebab 90 hari waktu tahapan sampai pada penyelesaian Pilkada PSU di Nabire harus sesuai putusan MK.

“Yang sangat disesalkan, ada beberapa program jadwal dan tahapan sudah di buat oleh KPU, tapi dalam hal ini pemerintah setempat tidak merespon dengan menyiapkan anggaran Pilkada PSU di Kabupaten Nabire. sehingga ada beberapa tahapan yang di jalankan oleh KPU tanpa anggaran,” Ungkap Petege.

“Kami khawatirkan adalah akibat ulah pemerintah sehingga mengakibatkan ada tahapan tertentu yang tidak bisa dilaksanakan oleh KPU. maka itu, sehingga hal tersebut akan di dorong ke kode etik, jika tidak melaksanakan tentunya akan berhentikan.

Lanjut Petege, Disini paling terpenting adalah DPR kabupaten Nabire dan PJ. Bupati Nabire segerah mendorong dan menjadwalkan untuk pembahasan pengadaan anggaran yang di maksutkan.

“Saya berharap rekan – rekan Media dapat mendorong masalah ini ke permukaan sehingga semua masyarakat mampu melihat kondisi seperti apa tentang ketersediaan dana atau persoalan apa yang terjadi di pemerintahan saat ini dalam menghadapi tahapan untuk mengsukseskan Pilkada PSU di Kabupaten Nabire.

“Dengan adanya devisit Anggaran Daerah sebesar 70 Miliar, Hal itu membuat saya pribadi Hilang Kontrol saat pertemuan di Gedung DPRD Nabire.
Sebab adanya devisit anggaran tersebut tentunya menghambat pengadaan anggaran Pilkada PSU di kabupaten Nabire 2021. dan kalau memang sulit, maka sebaiknya konsultasi ke Provinsi, Pusat atau ke Menteri Dalam Negeri, agar segerah mendapatkan solusi dalam mengsukseskan Pilkada PSU di Kabupaten Nabire.

“Dalam hal ini tentunya DPRD harus segera mendorong pengadaan Anggaran tahapan program Pilkada PSU di 15 Distrik yang ada di Kabupaten Nabire, Tak lain Maksut dan tujuan saya agar supaya Bupati Definitif Segara hadir di Kabupaten Nabire,” Harapnya.

Lanjut Petege, Kabupaten Nabire jangan hanya di pimpin oleh PLT atau PJ Bupati, sebab hanya menghabiskan uang, tapi tidak bisa melaksanakan program Utama dalam pembangunan di Kabupatrn Nabire.

“Saya minta agar teman-teman Media mengawal Tahapan pelaksanaan pemungutan suara ulang, sebab Media adalah Corong Masyarakat untuk membantu dan mengawal pembangunan disetiap Daerah kususnya di kabupaten Nabire, dan Kami berharap pers harus terus mengawal kejujuran mulai dari tahapan sampai pada pelaksanaan Pilkada PSU di Kabupaten Nabire jika ada ketimpangan yang terjadi harus dibuka dan Publikasikan.

“Pada intinya saya mendorong agar PJ. Bupati Nabire bersama dengan DPRD segera mengalokasikan dana Pilkada PSU di 15 distrik yang ada di Kabupaten Nabire sehingga tepat waktunya sesuai putusan dan Mandat MK,” Tutupnya.

(TC-Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here