Dandim 1803/Fakfak Hadiri Safari Ramadhan 1442 H Bersama MUI dan Pemerintah Provinsi Papua Barat

Fakfak – Komandan Kodim (Dandim) 1803/Fakfak Letkol INF Doddy Yudha, S.I.P, M.Tr (Han) menghadiri giat Safari Ramadhan 1442 H oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat bersama Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Drs. Mohammad Lakotani, M.Si, dan Pemerintah Provinsi Papua Barat, bertempat di Mesjid Al-Munawarah, Jl. Pelopor, Kabupaten Fakfak. Selasa,(20/04/2021).

Dalam Safari Ramadhan tersebut koordinator rombongan Sdr. Saleh Seknun, membuka dengan kata sambutan yang menyampaikan kegiatan Safari Ramadhan ini dilaksanakan untuk menjalin Silaturahmi antara pemerintah Papua Barat dengan Umat Muslim.

Selanjutnya Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wagun Papua Barat yang menyampaikan bahwa Safari Ramadhan tahun ini dibagi menjadi 3 wilayah yakni wilayah Manokwari Raya, Sorong Raya dan Bagian Selatan.

“Kegiatan ini diawali dari Selatan Bintuni, Kaimana, dan Fakfak kemudian masuk ke Sorong Raya dan akan berakhir di Manokwari Raya,” Ucap Wakil Gubernur.

Selain itu kegiatan Silaturahim yang dikemas dalam Safari Ramadhan ini bertujuan untuk menyemarakan Bulan Suci Ramadhan serta mendekatkan diri antara Alim Ulama dengan umat Islam di Provinsi Papua Barat.

Pemerintah dalam hal ini Gubernur Papua Barat mengajak kita untuk sama menjaga silaturahim serta menjaga toleransi antar umat beragama, terkhusus untuk Umat Muslim di Kabupaten Fakfak bahwa telah kita ketahui bersama tanggal 09 Desember 2020 kemarin kita sama-sama telah melewati kontestasi Politik Pilkada 2020. Dalam moment tersebut pasti terdapat perselisihan yang diakibatkan dari pandangan politik yang berbeda, oleh karena itu dibulan suci ini saya mengajak kita semua untuk menjalin kembali persaudaraan atau silaturahim yang telah tercerai berai akibat dari kontestasi politik. Mari kita saling memaafkan dan kita bersatu padu untuk membangun Kabupaten Fakfak.

“Kami mengharapkan Bupati Terpilih untuk dapat mengalokasikan dana untuk kepentingan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menjalin silaturahim antar umat beragama. Sehingga ditahun ini kita mengharapkan Provinsi Papua Barat menjadi Indeks Toleransi Umat Beragama peringkat pertama,” Tutup Wakil Gubernur.

Kegiatan dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Terpilih Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, yang secara pribadi menyampaikan Marhabam Ya Ramadhan kepada semuat umat muslim di Kabupaten Fakfak.

“Ini merupakan Sambutan Pertama kami selaku Bupati Terpilih dalam hal kegiatan keagamaan dan apa yang telah disampaikan oleh Wagub terkait dengan membangun Toleransi Umat beragama di Kabupaten Fakfak merupakan bagian dari visi misi kami yakni Fakfak Tersenyum,” Ucap Bapak Untung Tamsil.

Pada kesempatan tersebut Untung Tamsil selaku Bupati terpilih Kabupaten Fakfak mengajak semua pihak untuk membangun kembali silatutahim setelah melewati bersama masa politik.

“Tidak ada lagi istilah 01 dan 02, Mari bersama kita membangun kembali kebersamaan dalam menyongsong pembangunan di Kabupaten Fakfak,” Tegasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Tausyiah oleh KH. Misbachul Munir, yang bermateri tentang “ Sikap Umat Islam dalam berkaitan dengan Politik dalam mencari pemimpin dalam ajaran Islam “. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Istghfarn Sholawat dan buka puasa bersama.

Hadir dalam Safari Ramadhan tersebut Wakil Gubernur Papua Barat Drs. Mohammad Lakotani, M.Si, Bupati Fakfak Terpilih Bapak Untung Tamsil, S.Sos, M.si, Wakil Ketua DPRD Prov. Papua Barat Bapak Saleh Siknun, Anggota DPRD Papua Barat Bapak Yasin Bogra, Ketua MUI Papua Barat Ahmad Nausrauw, Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf. Doddy Yudha, S.I.P, M.Tr (Han), Kapolres Fakfak AKBP Ongky Isgunawan, S.IK, Ust. KH. Misbachul Munir, Ketua MUI Kab. Fakfak Sdr. Mohammad Don Dg Husen, jamaah dan pengurus Mesjid Almunawarah.

(TC-Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here