Kapolres Hadiri Peningkatan Kompetensi SDM Masjid di Kabupaten Nabire Tahun 2021

Nabire – Peningkatan Kompetensi SDM Masjid di Kabupaten Nabire Tahun 2021 oleh Seksi Urais dan Bina Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua dilaksanakan bertempat di Hotel JDF Nabire, Senin (19/04/21) siang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum Harian Dewan Mesjid Daerah Kabupaten Nabire H. Azis Baharuddin, S.Kom, Kapolres Nabire AKBP Kariawan Barus, S.H., S.I.K., M.H, Dandim 1705 Nabire Letkol Inf Bemny Wahyudi, M.Si (Han), Ketua MUI Kabupaten Nabire H. Muhammad Darwis, Perwakilan Pengurus Kemakmuran Mesjid ( PKM ) se – Kabupaten Nabire.

Dalam sambutan Ketua MUI Kabupaten Nabire mengatakan Peningkatan SDM Mesjid bertujuan untuk menambah wawasan guna memakmurkan Mesjid.

“Dalam pelaksanaannya diharapkan agar seluruh umat berperan serta dalam meningkatkan SDM Mesjid agar menjadi lebih baik lagi,” kata Ketua MUI.

Lanjut dikatakan Ketua MUI, SDM Mesjid harus paham dan mengerti tugas dan tanggung jawabnya bukan hanya mengurus Mesjid tapi juga meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pada Mesjid.

Ditempat yang sama, Kapolres Nabire menyampaikan terimakasih untuk waktu yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan tugas-tugas Kepolisian dalam upaya untuk bersama-sama Meningkatkan Kompetensi SDM Mesjid di Kabupaten Nabire.

“Sebagai dasar untuk hal itu kami Polri telah membentuk yang namanya Da’i Kamtibmas yang berdasar kepada Undang-undang Republik Indonesia Nomor : 2 Tahun 2002 Tanggal 08 Januari 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Surat Keputusan Kapolri Nomor : Skep/768/X/2005 Tanggal 26 Oktober 2005 Tentang Pedoman Pembetukan dan Pembinaan Da’i Kamtibmas,” ucap Kapolres.

“Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini saya ingin mengajak kita semua khususnya para PKM yang hadir pada ini untuk sama-sama memelihara dan menjaga situasi di Kabupaten Nabire agar tetap baik dan aman,” tutur Kapolres.

Masuk kedalam tema kegiatan kita pada hari ini yaitu Peningkatan Kompetensi SDM Mesjid yang kemudian didukung oleh Da’i Kamtibmas saya ingin memberikan sedikit dari apa yang saya ketahui mengenai Da’i Kamtibmas.

Yang pertama Pengertian Da’i Kamtibmas adalah orang yang memiliki kemampuan memberikan dakwah / siraman rohani agama Islam yang berkaitan dengan Kamtibmas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan kesadaran hukum serta ketaatan masyarakat terhadap hukum dan perundangan-undangan sesuai dengan Misi Polri.

“Yang kedua adalah Tujuan dari Da’i Kamtibmas yaitu Meningkatkan kesadaran dan ketaatan serta mewujudkan peran serta masyarakat untuk dapat mencegah, menangkal dan menanggulangi gangguan Kamtibmas di lingkungannya secara Swakarsa,” jelas Kapolres Nabire AKBP Kariawan.

(TC-Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here