Resmi, Polsubsektor Uwapa Menjadi Polsek Uwapa Resor Nabire

Nabire – Peaksanaan “Upacara Peresmian Polsek Uwapa, Bertempat di Lapangan Apel Polsek Uwapa”, Senin, (12/04/21).

Bertindak sebagai Inspektur upacara  Kapolres Nabire AKBP Kariawan Barus S.H., S.I.K., M.H yang dihadiri Bupati Nabire di wakili Asisten III Piter Erari, S.Sos, M.Si, Dandim 1705  Nabire Letkol Inf. Benny Wahyudi, M.Si (Han), Kepala Kejaksaan Negeri Muhammad Rizal SH, MH, Ketua pengadilaan Negeri di wakili Hakim Yanuar Nur Fahmi SH, Danyon 753 AVT R Letkol Inf. Denny Salulerung, Danpos SAL Nabire Lettu Laut ( P )  Agus, Danden Zipur OHH Mayor CZI Coko Sasongko, Wakapolres Nabire Kompol Samuel D. Tatiratu, SIK, Wadanyon C Por AKP Soeparmanto, SH, Para Kabag, Kasat dan Perwira Polres Nabire, Kepala Distrik Siriwo Yohanes Butu S.Sos, Kepala Distrik Uwapa Barnabas Butu, S.Pd, Tokoh Agama, Tokoh Adat , Pemuda  serta tamu undangan wilayah Distrik Uwapa dan Distrik Siriwo.

“Kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa, karena atas rahmat dan karunia-nya pada hari ini kita masih diberikan kekuatan, kesehatan dan kesempatan sehingga dapat hadir di tempat ini dalam rangka peresmian Polsek Uwapa, Distrik Uwapa, Resor Nabire dalam keadaan sehat dan penuh suka cita,” sambut Kapolres Nabire AKBP Kariawan Barus, S.H., S.I.K., M.H saat sambutan di lapangan apel Mapolsek Uwapa.

Dalam melaksanakan fungsinya sebagai aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tugas-tugas pemerintahan lainnya namun disisi lain Kepolisian Sektor sebagai institusi yang setingkat Distrik dan sekaligus sebagai unsur koordinasi muspika, yang selama ini hanyalah di emban Polsubsektor yang tingkat pelayanan maupun penempatan personil sangatlah terbatas.

“Hal ini akan menyebabkan terjadinya hambatan dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat distrik, khususnya dalam memberikan pelayanan Polri kepada masyarakat terlebih Polsek Uwapa membawahi 4 distrik yaitu Distrik Uwapa Distrik Siriwo, Distrik Dipa dan Distrik Menou,” kata Kapolres Nabire.

Proses usulan Polsubsektor menjadi Polsek Uwapa sangatlah panjang, hal tersebut perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, namun seiring dengan program kerja 100 hari Kapolri yaitu transformasi menuju Polri yang PRESISI (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) terdapat 16 program prioritas dan salah satunya adalah penataan kelembagaan, dan sebagai rencana aksinya adalah pemenuhan 1 kecamatan/distrik 1 Polsek.

“Hal tersebut sangatlah sinergi dengan upaya yang selama ini dilakukan oleh Polres Nabire yaitu mengusulkan peningkatan status Polsubsektor Uwapa menjadi Polsek Uwapa berkat dukungan dan kerja sama semua pihak,” tutur Kapolres Nabire.

Dan terbitlah surat persetujuan dari Bapak Kapolri Nomor : B / 1278/11/OTL.1.1.1./2021 tanggal 24 Februari 2021, selanjutnya ditindak lanjuti oleh Polda Papua dengan menerbitkan Keputusan Kapolda Papua Nomor Kep / 204 / II / 2021 tgl 19 Maret 2021, tentang Pembentukan Kepolisian Sektor Uwapa pada Polres Nabire.

“Saya selaku Kapolres Nabire dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada hari Senin tanggal 12 April 2021 secara resmi saya nyatakan bahwa Polsubsektor Uwapa menjadi Polsek Uwapa,” ucap Kapolres, AKBP K. Barus.

Lanjut dikatakan Kapolres Nabire, pada kesempatan ini saya menyampiakan terimakasih kepada Bupati Kabupaten Nabire yang telah mendukung proses peningkatan status Polsek Uwapa. Terimakasih juga saya sampaikan kepada Ketua DPRD Kabupaten Nabire, Kepala Distrik Uwapa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan rekan-rekan pengusaha serta seluruh lapisan masyarakat di daerah ini, yang telah memberikan dukungan yang maksimal sehingga peningkatan status Polsek Uwapa dapat terlaksanana dengan baik.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama sarana dan prasarana lainnya secara bertahap akan ditambahkan sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas secara maksimal,” pungkas Kapolres Nabire.

7).Kepada Kapolsek Uwapa beserta seluruh anggota agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat untuk menciptakan harkamtibmas yang lebih baik, segera lakukan konsolidasi, adaptasi yang intensif serta kembangkan inovasi dan kerjasama yang kreatif kedalam maupun keluar guna mejalin hubungan yang baik dengan instansi pemerintah dan tni setempat serta tokoh masyarakat yang ada didaerah ini, jaga netralitas anggota dalam pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Nabire.

8).Saya selaku pimpinan menyadari bahwa dengan keterbatasan komponen-komponen yang ada dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, tentunya terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaan tugas dilain pihak saya yakin dan percaya bahwa dengan semangat pengabdian dan loyalitas saudara-saudara, kendala-kendala yang ada akan dapat diatasi dengan baik.

Acara dilanjutkan peresmian Polsek Uwapa dengan pemotongan pita, nasi tumpeng serta acara ramah tamah dan foto bersama.

(TC-Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here