Wujudkan Perekonomian Warga, Binmas Noken Polri Kunjungi Kebun Kopi Mulia Puncak Jaya

Puncak Jaya – Guna lebih mendongkrak perekonomian warga serta memperkenalkan hasil perkebunan yakni kopi Mulia, Satgas Binmas Noken Polri melaksanakan sambang sekaligus kunjungan ke Kebun Kopi Mulia milik Bapak Wonda yang berada di Kampung Usir Distrik Mulia Kab. Puncak Jaya, Senin (06 April 2021).

Dalam kunjungan ke Kebun Kopi Mulia pagi tadi, Satgas Binmas Noken Polri yang dipimpin oleh Kakorwil Puncak Jaya Iptu Alauddin Patawary berkesempatan untuk melihat langsung cara pembuatan dan pengelolaan tanaman kopi menjadi biji kopi agar dapat dikonsumsi langsung oleh penikmat kopi.

Perlu diketahui bahwa penamaan kopi Mulia milik Bapak Wonda berada di ketinggian 3300 MDPL sehingga dengan situasi yang cukup tinggi inilah menjadi tantangan untuk tetap memproduksi kopi Mulia agar dapat terus berkembang dan dinikmati oleh masyarakat luas.

Saat dikonfirmasi oleh Tim Satgas Humas, Iptu Alauddin Patawary menjelaskan bahwa maksud dan tujuannya mengunjungi kebun kopi Mulia milik Bapak Wonda selain untuk menjalin silahturahmi antara Binmas Noken Polri dan masyarakat juga bertujuan untuk mengangkat serta lebih mengenalkan lagi kopi Mulia di seantero nusantara.

Lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Puncak Jaya, untuk jenis tanaman kopi Mulia ini berasal dari kopi arabica yang dikembangkan secara alami di daerah pegunungan tengah Papua tepatnya di Kota Mulia Kab. Puncak Jaya serta untuk kisaran harga mencapai Rp. 250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) perkilogramnya.

Sementara itu pemilik serta pengelola kebun kopi Mulia Bapak Wonda sangat mengapresiasi kehadiran Satgas Binmas Noken Polri untuk melihat secara langsung proses pengelolaan biji kopi miliknya, dirinya juga berharap semoga kopi Mulia ini dapat dikenal tidak hanya di Papua tapi juga di seluruh Indonesia bahkan bila perlu sampai ke luar negeri sehingga mampu mendongkrak perekonomian kami yang berada di Kab. Puncak Jaya.

(TC-Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here