Tanggapan Soal Gubernur Papua Yang Melintas Batas Negara Tanpa Dokumen.

Tifacenderawasih.com – Gubernur Papua Lukas Enembe telah kembali ke Jayapura melalui Pos Lintas Batas Nevada (PLBN) Skouw, pada Jumat (2/4/2021) setelah sebelumnya dikabarkan masuk ke wilayah Vanimo, Papua Nugini (PNG).

Orang nomor satu di Papua ini telah mengakui hal tersebut. Namun, menurutnya kepergiannya ke Vanimo tersebut untuk melakukan terapi akibat sakit yang dideritanya selama ini.

“Memang benar saya ke Vanimo (31/3) melalui jalan setapak dengan menggunakan ojek untuk berobat,” kata Gubernur Enembe di PLBN Skouw.

Menanggapi hal tersebut Yan C. Warinussy turut angkat bicara, menurutnya, pelanggar batas negara tanpa dilengkapi dokumen apapun, Ini bisa bisa jadi preseden buruk bagi warga masyarakat Papua lainnya.

Menurutnya, Direktur Jenderal Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM harus segera melakukan auidt terhadap sistem dan juga Paran personil penjaga perbatasan RI-PNG di Skouw.

“Demikian halnya juga dengan Sekretaris Daerah Provinsi Papua mesti memerintahkan Inspektur Wilayahnya memeriksa saudari Kepala Kantor Urusan Perbatasan dan jajarannya terkait hal tersebut. Kantor Imigrasi Jayapura mesti melakukan pemeriksaan terhadap para pengikut atau orang yang menyertai perjalanan Gubernur Papua beberapa jam atau beberapa hari masuk-keluar wilayah PNG tersebut,” pungkas warinussy.

Report : RV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here