Polsek Muara Tami bersama Bhayangkari Gelar Giat Sosialisasi Vaksin Covid-19 oleh puskesmas koya barat

TC,- Pelaksanakan kegiatan Sosialisasi Vaksin Covid-19 oleh Puskesmas Koya Barat kepada personil polsek muara tami beserta bhayangkari, Bertempat di halaman Mapolsek muara tami, Selasa, (23/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina Wally, S.H., M.H, Wakapolsek AKP Yuli T. Kendek bersama Para Kanit dan personil serta Bhayangkari ranting muara tami.

Sebagai tim pemateri dari Puskesmas Koya selaku penyelenggara yakni dr. Daniel A. Lallo, dr. Muda Rizal Mukud, dr. Muda Novianto, dr. Muda Melati dan Ibu Dinda.

Dalam materi sosialisasi yang disampaikan oleh dr. Daniel A. Lallo mengatakan bahwa Covid-19 ini memiliki gejala yang berbeda dengan Flu biasa, yaitu apabila mengalami flu maka akan menimbulkan lendir dan apabila sudah terinfeksi hingga paru-paru maka akan mengalami sesak nafas.

“Dengan menjaga protokol kesehatan saat beraktifitas maka kita dapat 90% terhindar dari Covid-19,” Ungkapnya.

Ia menuturkan, Vaksin ini adalah produk Biologi berisi Antigen yang akan menimbulkan kekebalan spesifik agar seseorang terhindar dari penularan atau kemungkinan sakit berat dimana dalam prosesnya di tubuh seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari penyakit setelah menerima vaksin.

“Orang yang sudah divaksin memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik, apalagi Kepolisian yang mana setiap saat harus berinteraksi dengan masyarakat. Tujuan Vaksinasi sendiri adalah memutus penularan virus Covid-19, menurunkan angka kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok masyarakat (herd immunity), memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial ekonomi,” Bebernya.

Ditempat yang sama dr. Muda Melati memberikan penjelasan alur vaksinasi yakni melalui Pendaftaran, Skrining dimana pada tahap ini petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan pengidentifikasian penyakit penyerta kemudian baru dilakukan Vaksinasi, diberikan kepada penerima vaksin yang telah dinyatakan layak oleh petugas.

Sosialisasi Vaksinasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggota Polsek Muara Tami dan Bhayangkari sebagai calon penerima vaksin supaya mengetahui dengan baik terkait Vaksinasi Covid-19 sehingga tidak ada keraguan lagi pada saat dilakukan Vaksin.

(ZFR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here