Kasi Pidsus Kejari Sorong: Insyaallah Secepatnya

TC,- Kejaksaan Negeri Sorong, pada medio maret 2021 menetapkan 4 tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan puskesmas keliling ( speed boat ) di Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw pada Tahun Anggaran 2016.

Dalam kasus dugaan korupsi pengadaan puskemas keliling ini, berdasarkan konfirmasi Kejaksaan Negeri Sorong kepada BPKP dimana dalam hasil auditnya terdapat kerugian negara sekitar Rp 1.950.676.090 dari nilai proyek pengadaannya sendiri sekitar Rp 2.1 Milyar lebih.

Pengadaan puskesmas keliling TA 2016 ini sendiri tanpa melalui proses lelang yang di lakukan oleh Kuasa Pengguna Anggaran pada waktu itu, dalam hal ini Plt Kepala Dinas Kesehatan, PT yang juga merupakan salah tersangka.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Sorong, Khusnul Fuad SH ketika di konfirmasi wartawan media ini lewat aplikasi Whatsapp 22/03, terkait kapan akan dilakukan persidangan, beliau mengatakan bahwa akan dilakukan secepatnya.
“Insyaallah secepatnya, saat ini masih dalam proses pemeriksaan,”katanya.

Beliau juga menambahkan bahwa, mereka juga perlu diperiksa sebagai tersangka.
“Sebelumnya mereka diperiksa sebagai saksi, begitu statusnya dinaikkan menjadi tersangka, maka mereka juga perlu kita periksa sebagai tersangka,” pungkas Khusnul Fuad SH.

Untuk diketahui keempat tersangka yang ditetapkan oleh Kejaksaan Negeri Sorong yaitu, PT selaku Kuasa Pengguna Anggaran (Plt Kepala Dinas Kesehatan), EB selaku Pejabat Pembuat Komitmen, YAW sebagai rekanan atau pihak ketiga, dan KK yang merupakan staf dari pihak ketiga.

Para tersangka ini dijerat dengan Pasal 2 jo 18 UU Korupsi jo 55 Ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara.

(RV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here