Gubernur Sambut Baik Rencana Pembentukan Perwakilan Komnas HAM di Papua Barat

TC,- Upaya pendirian Perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Provinsi Papua Barat menjadi suatu wacana yang kian mengemuka dan mendesak saat ini.

Untuk itu, Tim 17 yang dipimpin Paul Fincen Mayor Kamis, 18/3 siang bertemu Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan di ruang kerjanya di lantai 5 Kantor Gubernur Papua Barat di Arfai, Manokwari.

Dalam pertemuan tersebut, juri bicara tim 17 Advokat Yan Christian Warinussy menjelaskan kepada Gubernur Papua Barat bahwa pembentukan Perwakilan Komnas HAM merupakan amanat Pasal 45 ayat (1) dan ayat (2) UU No.21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

Ditambahkan oleh Advokat Simon Banundi dari Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari menjelaskan kepada Gubernur Mandacan bahwa Komnas HAM di Jakarta telah memberi “lampu hijau” bagi rencana pembentukan Perwakilan Komnas HAM di Provinsi Papua Barat.

Selanjutnya, Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan menyambut hangat rencana pendirian Perwakilan Komnas HAM di Papua Barat. Gubernur Mandacan akan segera memberi petunjuk kepada jajarannya untuk menindak-lanjuti dengan mempertimbangkan segenap hal yang penting dalam rangka pembentukan Perwakilan Komnas HAM di Provinsi Papua Barat.

“Rupanya Gubernur Papua Barat sudah mengetahui rencana Pembentukan Perwakilan Komnas HAM di Papua Barat, karena sudah pernah disampaikan oleh Tim LP3BH dalam sebuah pertemuan pada tahun 2019 di Swiss-bel hotel Manokwari,” terang Yan Warinussy SH.

“Tim 17 akan terus mengawal segenap langkah pemerintah daerah Provinsi Papua Barat demi menghadirkan Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Papua Barat di Manokwari,”pungkasnya.

(RV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here