RSU Negara Fokus Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Pasien

Tifacenderawasih.com , Jembrana – Rumah Sakit Umum (RSU) Negara saat ini terus berbenah di bawah kepemimpinan Pelaksana Tugas (Plt) dr. Ni Putu Indrawati selaku Direktur. Dalam hal ini RSU Negara fokus pada peningkatan mutu pelayanan kesehatan pasien.

RSU Negara merupakan satu-satunya RSU milik Pemerintah Kabupaten Jembrana yang beralamat di Jalan Wijaya Kusuma No. 17 Balet Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Hal utama yang akan dibenahi adalah peningkatan mutu pelayanan dimulai dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pegawai Rumah Sakit.

Selain itu, peningkatan dari segi fasilitas pendukung seperti petunjuk arah atau rambu-rambu, sehingga keluarga pasien yang berkunjung tidak kebingungan mencari tempat yang ditujunya. Plt Direktur RSU Negara, dr. Ni Putu Eka Indrawati menjelaskan dirinya lebih fokus untuk meningkatkan mutu pelayanan pasien.

“Saya akan fokus pada peningkatan mutu pelayanan pasien,” ujar Ni Putu Eka Indrawati pasca diangkat sebagai Plt, Rabu (10/3/21).

Menurutnya, sebelum dirinya diangkat sebagai Plt Direktur RSU Negara, ia sudah lama menjadi dokter di bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD) sekaligus menjabat sebagai kepala ruangan IGD, jadi tahu persis tentang pelayanan sebelumnya.

“Dulu keluarga pasien mengambil obat sendiri ke apotek tetapi sekarang sudah tidak lagi, karena pihak rumah-sakitlah yang akan mengurusnya,” papar Ni Putu Eka Indrawati.

Lanjutnya, pasien yang masuk IGD hanya mendaftar ke administrasi saja selanjutnya pihak rumah sakit yang akan mengurus dan melayani baik pengambilan obat, membawa hasil ke laboratorium maupun sampel darah.

Begitu juga untuk radiologi, jam berapapun datang untuk Rontgen dokter jaga tidak perlu konsultasi lagi, dengan demikian hasil baca rontgen sudah datang dan selesai.

Dari pengalaman yang sudah-sudah, permasalahan di IGD adalah kalau keluarga pasien datang biasanya dalam keadaan panik dan tidak tahu harus melapor kemana. “Sehingga keluarga pasien hanya mengurus pasien dan pihak rumah sakit yang akan melayani mereka,” ujar dr. Ni Putu Eka Indrawati.

Selain itu, karena gedung RSU Negara baru selesai dibangun, maka untuk petunjuk ataupun rambu-rambu belum semua terpasang, sehingga membuat pasien kebingungan.

“RSU Negara ini adalah rumah sakit negeri dengan fasilitas gedung mewah dan bagus. Semua kebutuhan baik apapun termasuk gaji semua dari pemerintah,” jelas Plt Direktur RSU Negara.

Oleh karena itu, dirinya bertujuan memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan RSU agar lebih baik. Sehingga masyarakat bisa menikmati pelayanan yang prima dan memuaskan, serta pasien pun merasa nyaman.

“Dengan program peningkatan mutu pelayanan kesehatan, saya berharap masyarakat yang datang berobat merasa dipermudah dari proses awal masuk rumah sakit sampai pelayanan pengambilan obat, hasil lab dan rontgen.

(Ahmad Muhtarom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here