Berkas Dilimpahkan, Warinussy Apresiasi Kinerja Kapolres Manokwari

TC,- Sebagai Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia, saya memberi apresiasi atas kerja keras Kapolres Manokwari dan jajaran penyidiknya hingga dapat melimpahkan tersangka DI beserta berkas perkaranya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari pada Rabu, 3/3,” kata Yan Christian Warinussy SH.

Warinussy mengatakan bahwa apresiasi mana didasarkan atas begitu lamanya berkas perkara tersangka tunggal DI sejak ditangkap hingga pas saat ini setahun usia kematian almarhumah Sumiati Simanulang.

“Kemudian juga apreasiasi atas begitu kukuhnya penyidik Polres Manokwari “tetap” hanya mengajukan seorang tersangka DI tanpa ada “tambahan” tersangka lainnya,” terangnya.

“Padahal dalam resume berkas perkaranya sebagai dilansir media cetak dan elektronik bahwa atas perbuatan tersebut, tersangka dijerat melanggar Pasal 338 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pembunuhan dan atau pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana yang dijunctokan (dihubungkan) dengan pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” jelas Yan.

“Ancaman hukuman sedemikian adalah seumur hidup dan atau hukuman mati bagi tersangka DI. Disinilah yang mengherankan saya dari sisi ilmu hukum pidana, dimana teori penyertaan/turut serta (deelneming) mengisyaratkan adanya perbuatan pidana (tindak pidana/strafbarfeit) itu dilakukan oleh lebih dari 1 (satu) orang,” timpa Warinussy.

Lanjut beliau, akan tetapi biarlah hal tersebut kiranya dapat terungkap dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Manokwari Kelas I B saat berkas perkara tersangka DI dilimpahkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Manokwari ke PN.Manokwari.

“Kiranya keluarga korban almarhumah Sumiati Simanulang dapat segera memperoleh pemenuhan rasa keadilan yang setahun dinantikan dengan harap cemas,” tutupnya.

(RV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here