Penuhi Stok Darah PMI, Pasmar 3 Gelar Baksos Donor Darah

TC,- Masa pandemi yang melanda berbagai wilayah di Indonesia membuat persediaan kantong darah di Palang Merah Indonesia (PMI) kian menipis, ketidakseimbangan antara kebutuhan darah dengan jumlah donor (Pemberi Sumbangan) membuat stok darah di PMI menurun.

Merespon hal tersebut Pasmar 3 menggelar Bakti Sosial (Baksos) Donor Darah yang dilaksanakan di Balai Kesehatan Pasmar 3 Jl. Sorong. Klamono Km.16, Kel. Klablim, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat. Kamis (04/03/2021).

Kegiatan Baksos tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Unit Transfusi Darah (PMI UTD) Kota Sorong dan diikuti oleh segenap jajaran Komando Pelaksana (Kolak) dan Satuan Pelaksana (Satlak) Pasmar 3 khususnya yang ada diwilayah Sorong Papua Barat.

Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel (Mar) Agung Trisnanto yang turut hadir serta menyumbangkan darahnya.

Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini adalah aksi solidaritas kemanusiaan terhadap sesama serta merupakan wujud kepedulian TNI AL Korps Marinir terhadap masyarakat.

“Semoga dengan adanya kegiatan donor darah ini dapat membantu dan memenuhi persediaan darah di Kota Sorong, serta dapat menolong saudara-saudara kita saat membutuhkan darah di masa krisis pandemi saat ini sekaligus dapat menjaga kesehatan bagi pendonor,” Ungkap orang nomor 2 dijajaran Pasmar 3.

Tidak hanya itu, Wadan Pasmar 3 menekankan kepada seluruh pendonor agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M sebagai upaya untuk mensosialisasikan himbauan dan mendukung kebijakan pemerintah dalam mengatasi penularan Covid-19.

Dalam kegiatan donor darah kali ini terlihat para prajurit sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai dan mendapatkan 57 kantong darah.

Kepala Poli Umum Balai Kesehatan Pasmar 3, dr Stevanus Supit kepada media ini mengatakan bahwa kegiatan ini sendiri merupakan perintah pimpinan.
“Kegiatan ini merupakan perintah pimpinan, serta mendukung teritorial wilayah dan saat ini ada sekitar 100an prajurit yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah kali ini,” jelasnya.

Lanjut dr Stevanus, dari 100an anggota yang terlibat donor kali ini kita lakukan filtrasi sehingga hasil yang kita dapat sekitar 50an kantong.
“Sesuai dengan target kita yaitu 50 % dari pendonor sudah kita capai,”ujar dr Stevanus
Beliau juga menyampaikan bahwa kantong darah yang terkumpul tidak bisa langsung kita gunakan, harus dipastikan keamanannya sehingga layak digunakan.

Ditempat yang sama, dr Evelina sebagai penanggung jawab unit Transfusi Darah RSU Sele Be Solu mengatakan bahwa kegiatan donor kali ini kantong darah yang terkumpul sebanyak 57 buah.

“Saat ini sudah 57 buah kantong yang terkumpul, yang batal atau yang tidak bisa mendonorkan darahnya ada sebanyak 7 orang karena beberapa faktor seperti, HBnya kurang, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, atau yang bersangkutan belum lama melakukan donor,” terangnya.
“Dari 57 kantong ini kita periksa lagi di laboratorium Rumah Sakit,kita periksa Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD)nya, dan itu ada 4 parimeternya, seperti HIV, Sipilis, HBsAg (Hepatitis B Surface Àntigen) dan Hepatitis A,” jelasnya.
Beliau juga menyampaikan bahwa untuk saat ini ketersediaan darah di sangat minim.
“Ketersediaan darah untuk saat ini sangat sedikit,apalagi disaat pandemi seperti ini,” terang dr Evelina.

Untuk itu beliau menghimbau bagi masyarakat umum yang ingin mendonorkan darahnya bisa langsung menghubungi atau datang ke Rumah Sakit Umu Sele Be Solu bagian Transfusi Darah.
“Bagi warga masyarakat, atau instansi yang akan mendonorkan darahnya agar dapat menghubungi atau datang ke RSU Sele Be Solu, bagian Transfusi Darah dan pelayanannya dimulai pagi sampai dengan pukul 21:00,” pungkas dr Evelina.

Tampak hadir mengikuti kegiatan tersebut Kasiops Denma Pasmar 3 Mayor (Mar) Nanang Risdiansyah, Kaprimkopal Pasmar 3 Mayor (Mar) Amat Kundori, Pabandya Harpal Slog Pasmar 3 Mayor (Mar) Husaini, Pabandya Progar Spers Pasmar 3 Kapten (Mar) Safrony, Kepala BK Pasmar 3 Letda Laut (K) dr. Stevanus Chrisputra Pribadi Supit, S.H., dan Paurdik Spers Pasmar 3 Letda (Mar) Ipung Joko Pamungkas, Perwakilan dari DPD Manguni Indonesia Kota Sorong, DPD Manguni Indonesia Kabupaten Sorong dan beberapa Perwira lainnya.

(RV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here