Diduga Lakukan TIPIKOR, Mantan Kadis PU Kaimana Resmi Ditahan

TC,- Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kaimana, NK resmi di tahan di rutan Polda Papua Barat, 01/03.

Kepala Kejaksaan Negeri Kaimana lewat Kasie Pidsus, Willy Ater SH kepada media ini membenarkan penahanan NK mantan Kadis PU Kaimana.

“Ia benar, tadi malam beliau resmi kami tahan,”kata Willy.

“Saudara NK ditahan dari tanggal 04 Februari, dengan status tahanan kota dan pada tanggal 01/03 beliau resmi kami tahan di rutan Polda Papua Barat untuk 30 hari kedepan,” ujarnya.

Lanjut Kasie Pidsus, kasus yang menjerat mantan Kadis PU Kaimana ini adalah Pematangan Lahan dan Pembuatan Talud Pembangkit Listrik Tenaga Gas ( PLTG ) di Kampung Coa, Kaimana.

“NK ditahan dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pematangan lahan dan pembuatan talud pada PLTG di Kampung Coa, Kaimana, Tahun Anggaran 2017, dimana dari nilai pagu proyek ini senilai Rp 18.280.000 terindikasi dugaan korupsi atau kerugian negara sekitar Rp 1,7 M,” beber Willy.

“Sementara pasal yang di sangkakan adalah, Primair : Pasal 2 ayat ( 1 ) UU Tipikor Jo pasal 55 ayat ( 1 ) Ke 1 KUHP Subsidiar : Pasal 33 UU Tipikor Jo Pasal 55 Ayat ( 1 ) Ke 1 KUHP ,” jelas Kasie Pidsus.

Pasal yang didakwakan, tambahnya lebih dari 5 tahun keatas, sehingga bisa dilakukan penahanan, agar terdakwa tidak melarikan diri, menghilangkan barang bukti serta mengulangi tindak pidana sehingga atas dasar hal tersebut kita bisa melakukan penahanan.

Disinggung kemungkinan akan ada penambahan tersangka lain Willy mengatakan bahwa akan melihat perkembangan.
“Sementara belum, kita akan melihat perkembangan persidangan,” pungkas Willy Ater SH.

(RV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here