Warga Keluhkan Kondisi Jalan di Kepi Kabupaten Mappi Yang Tak Kunjung Baik

Foto: Kondisi jalan dari perempatan kantor distrrik Obaa menuju bandara

Jayapura – Kondisi jalan yang rusak dan banyak yang berlubang, menjadi salah satu keluhan masyarakat di kabupaten Mappi.

Kondisi jalan tersebut mulai dari bandara Kepi hingga pertigaan jalan Distrik Obaa terpantau masih banyak yang rusak dan berlubang sehingga sangat mengganggu aktifitas transportasi. Tidak hanya di situ saja, jalan dari Kepi ke Distrik Muur pun harus melewati lumpur. Kerusakan lainnya yang lebih parah yaitu jalan dari Pagai ke tamiripim, 6 km jalan nya melewati lumpur setinggi lutut. Diketahui jalan tersebut menghubungkan dua distrik, yaitu Distrik Asgon dan Distrik Haju.

Dari keterangan masyarakat, jalan kaki dari Pagai ke Tamaripim kurang lebih 1 jam dan harus melewati lumpur, dan untuk ke Distrik Asgon dan Haju, harus menggunakan speedboot.

Kondisi jalan yang tidak kunjung baik pun membuat salah satu Kepala Suku Auyu, Bpk Wellem Fridus ikham pun angkat suara. saat dihubungi tim Tifacendrawasih melalui telepon selulernya, Dirinya membenarkan hal tersebut. Sabtu,(27/02/2021).

“ya, benar. Jalan rusak, berlubang banyak sekali. Mulai dari bandara hingga pertigaan Distrik Obaa. Ini sudah lama. Tidak di perbaiki. Sangat mengganggu aktifitas transportasi. Ini menjadi perhatian serius untuk pemerintah “.

Selain jalan-jalan yang rusak dan berlubang, yang harus jadi perhatian serius dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, Wellem juga berharap kedepan pemerintah, terlebih khusus kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi, dalam hal program Pembangunan nantinya dapat lebih melihat kepada meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena menurutnya, percuma membangun segala macam tetapi tidak berguna bagi masyarakat.

“Karena kabupaten Mappi ini tidak ada hasil apa-apa. Cuma berharap ke APBD. Sehingga mungkin kita bisa lebih meningkatkan ekonomi masyarakat, di bidang pertanian, dan perkebunan”. ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan seorang tukang ojek. Sebagai tukang ojek, sebagai pengguna jalan, dirinya berharap agar jalan bisa diperbaiki.

“Kami harap jalan-jalan berlubang, rusak mulai dari bandara, area pasar juga bisa diperbaiki. Karena jalan rusak, berlubang sering terjadi kecelakaan bahkan motor pun banyak yang rusak”. ujarnya.

Dirinya menambahkan bukan hanya tukang ojek, supir taksi pun banyak yang mengeluh karena kondisi jalan yang rusak dan berlubang. masyarakat yang hendak kepasar pun harus berjalan kaki dari ima ke pasar. Jalan tersebut tidak bisa dilawati taksi karena rusak.

“Taksi, mobil, tidak bisa masuk ke ima. Hanya parkir di Akham. Dari situ, Masyarakat harus berjalan kaki ke pasar. Dari Akham lewati jembatan parah jalan nya. Tidak bisa dilewati kendaraan”. ucapnya.

(Jimmy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here