Warinussy: Sudah Saatnya Kabupaten Sorong Selatan Miliki Kantor Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri

TC,- Sepanjang perjalanan tugas saya Senin, 22/2 ke Polres Sorong Selatan di Teminabuan, sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, saya memandang sesungguhnya daerah Kabupaten Sorong Selatan sudah saatnya memiliki Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pengadilan Negeri (PN) sendiri,” kata Yan Christian Warinussy, SH kepada media ini.

Warinussy mengatakan bahwa alasannya karena begitu banyak perkara pidana yang diurus oleh Polres Sorong Selatan yang juga mesti menangani kasus hingga ke Kabupaten Maybrat.

“Sementara koordinasi perkara pidana harus dilakukan oleh penyidik-penyidik dari Polres Sorsel ke Kejari Sorong,” terangnya.

Lanjutnya, sementara untuk ke Sorong dari Teminabuan harus menempuh perjalanan darat dengan kendaraan mobil sekitar 4 (empat) hingga 5 (lima) jam.

“Sedangkan infrastruktur jalan darat dari Teminabuan ke Sorong saat ini banyak mengalami kerusakan (berlubang) yang terkesan tidak terawat,” tambah Warinussy.

“Apalagi rakyat pencari keadilan harus berjibaku dengan kondisi jalan yang rusak dari Teminabuan ke Sorong hanya untuk memberi keterangan sebagai korban dan atau saksi dan menghabiskan energi yang cukup banyak,” tandasnya.

“Sehingga menurut saya sudah saatnya daerah dengan transportasi sulit seperti Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Raja Ampat memiliki Pengadilan Negeri (PN) sendiri dan juga kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) demi kepentingan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan di kedua daerah tersebut,” tutupnya.

(Richard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here