Kabupaten Kepulauan Sangihe Menjadi Prioritas Pengembangan Energi Listrik Tarbarukan

SANGIHE – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, SE.ME. yang didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kabag Ekonomi, Kepala Bapelitbang, Kabag Sumber Daya Alam, mengadakan pertemuan dengan Ety Sulistiawaty perwakilan PT. JASA TIRTA ENERGI anak Perusahaan Umum JASA TIRTA I milik BUMN dan perusahaan energi dari Austria PT. RENEWABLE ENERGY FIRST (REF) diwakili oleh Mr.Hans, bertempat di Restoran Pondok Hijau Manado, Selasa, (09/02).

Pertemuan tersebut membahas tentang keinginan kedua perusahaan tersebut untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam pengembangan dan pembangunan proyek energi terbarukan yang ramah lingkungan dan berbiaya murah.

Setelah melakukan studi dan peninjauan lokasi di 4 kabupaten/kota, Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi prioritas dan sangat layak untuk dibangun pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga bayu, serta pembangkit listrik tenaga minihybrid. Menanggapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe bersedia membantu dan bekerjasama didalam pembangunan proyek pembangkit tenaga terbarukan ini.

Dihubungi via telepon oleh Pewarta, Bupati Kepulauan Sangihe mengatakan “Didalam pengembangan teknologi kelistrikan memang sudah keharusan untuk mengupgrade teknologi kelistrikan didaerah Sangihe, dan tawaran kedua perusahaan ini akan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Kepululauan Sangihe, juga bisa menambah pendapatan daerah dari hasil penjualan listrik kepada PLN.

“Energi terbarukan sedang dikembangkan dinegara kita, system kelistrikan ini sangat bersahabat dengan lingkungan jika dibandingkan dengan pembangkit tenaga diesel yang ada sekarang ini. Untuk itu, pemerintah hadir dalam menjawab kebutuhan masyarakat dibidang pemanfaatan energi ini.

“Apabila system kelistrikan di Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah berjalan dengan baik, maka dapat meningkatkan kapasitas listrik yang besar di Kabupaten yang kita cintai Bersama, sehingga pelaku-pelaku ekonomi dapat ditunjang dengan kerjasama dibidang energi kelistrikan ini”. (TC-Red)


Sumber: PPWI Kabupaten Sangihe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here