Sepekan Tersesat Dihutan Sidey Manokwari, Ini Kisah Tragis Yang Di Alami 11 Penambang Yang Sebelumnya Dikabarkan Hilang

MANOKWARI – Sebanyak 9 orang pendulang dari 11 orang yang dikabarkan hilang kamis, 28/01/2021 di hutan Sidey akhirnya berhasil keluar dari hutan sidey, manokwari dalam keadaan selamat. Rabu, 3/2/2021 sekitar pukul 13.30 WIT.

9 orang tersebut kemudian di bawa ke polsek Masni dan 3 diantaranya di bawa ke puskesmas untuk mendapatkan pengobatan karena dalam keadaan sakit.

Dari informasi yang dihimpun, Kapolsek Masni, mengatakan 9 orang itu berjalan kaki melewati jalan setapak kampung Warapnaki, Distrik Kasi Kabupaten Tambrauw,kemudian tembus ke kampung Wamnowi Distrik Sidey Manokwari.

Diduga rombongan pendulang tersesat dihutan dan kehabisan bama saat meninggalkan lokasi dulang, minggu (24/01/2021).

Yenures. Yan. Rumkorem salah satu korban dari 11 orang pendulang yang melaporkan kejadian tersebut, mengakui mereka tidak bisa menunggu pertolongan dari tim SAR karena kehabisan bama, ada yang sakit, akhirnya mereka memutuskan untuk pulang dengan berjalan kaki menyusuri pinggiran kali.

“Dalam perjalanan pulang, mereka tidak ada yang mengetahui jalan pulang. Sehingga mereka tersesat, mereka hilang jalan. Bahkan karena lapar, selama berjalan kaki didalam hutan, mereka menemukan camp bekas, dirinya mengakui masuk dalam camp tersebut untuk mendapatkan makanan. Kisahnya.

“kami jalan dapat camp bekas, kami masuk cari bama dan temukan sisa beras yang tidak layak untuk dikonsumsi, namun terpaksa makan saja karena lapar”,tuturnya.

Bahkan dirinya mengatakan saat menyebrangi kali, mereka sempat hanyut.

“kami sudah ditengah kali baru dengar gemuruh dari atas. Kami berusaha cepat, sempat hanyut namun kami saling menolong akhirnya kami 9 orang berhasil menyebrangi kali”.

Sedangkan 2 orang lainnya masih berada di lokasi dulang.

Berikut nama-nama 9 orang yang kembali :
1/. Roni
2/. Yenures. Yan. Rumkorem
3/. Edi. Simopiaref
4/. Sari. Lahura
5/. Eli. Rumadas
6/. Melianis. Moktis
7/. Ferison. Awopi
8/. Yakobus. Moktis
9/. Edi. Wopi

Secara terpisah, Keluarga korban dari Yenures. Yan. Rumkorem dan Edi. Simopiaref, sinta. Rumkorem saat di wawancara mengucapkan terimakasih banyak kepada Tim Sar Manokwari, TNI/Polri, Dandim, semua masyarakat yang sudah bekerja sama.
Juga buat Kapolsek Masni yang pada saat korban ditemukan sudah memberi pertolongan pertama, yaitu sudah di bawa ke puskesmas dan memberi makan minum untuk mereka.
“Trimakasih banyak, akhirnya sodara kami bisa pulang”.

Pewarta: Jimmy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here