Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Apresiasi MA Republik Indonesia

MANOKWARI – Sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas ditingkatkannya status Pengadilan Negeri (PN) Manokwari dari Kelas II menjadi Kelas I B oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia,”kata Yan Warinussy, SH.

“Hal itu ditandai dengan belum lama ini dilantiknya Bapak Sonny Alfian Blegoer Laoemoery, SH selaku Ketua PN.Manokwari Kelas IB oleh Ketua Pengadilan Tinggi Papua. Serta hari ini, Selasa, (02/02) dilantiknya Bapak Cahyono Riza Adrianto, SH,MH sebagai Wakil Ketua PN.Manokwari Kelas IB,”terangnya.

“Sebagai salah satu Advokat yang lama berpraktek di Manokwari (sejak tahun 1994) sampai dengan saat ini, saya terharu bercampur bangga atas segala amal Bhakti para pendahulu PN.Manokwari yang telah meletakkan dasar yang kokoh bagi hadirnya pengadilan sebagai benteng terakhir bagi masyarakat pencari keadilan di daerah ini,” tandasnya.

Warunussy mengatakan bahwa, dengan berubahnya status PN.Manokwari sebagai PN Kelas IB sama dengan PN.Sorong, maka menurut saya sudah menjadi dasar yang kokoh dan meyakinkan bagi Ketua Mahkamah Agung RI dan Pemerintah RI melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (PAN & RB) untuk segera menghadirkan Pengadilan Tinggi di Provinsi Papua Barat.

“Hal ini sekaligus penting untuk memperpendek rentang kendali pelayanan bagi para pencari keadilan di Tanah Papua, khususnya di wilayah Provinsi Papua Barat,” ujarnya.

“Saat ini di Papua Barat saat ini sudah ada 4 (empat) Pengadilan Negeri (PN), yaitu PN.Sorong Kelas IB, PN.Manokwari Kelas IB, PN.Fakfak Kelas II, PN.Kaimana Kelas II,”katanya.

Sehingga bisa menjadi dasar pula untuk segera mendorong berdirinya PN.Teluk Bintuni, karena lahannya sejauh saya ketahui sudah jauh hari disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni.

“Serta mempersiapkan berdirinya Pengadilan Negeri (PN) di daerah yang cukup jauh dari sisi geografis dan letak topografinya seperti di Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Raja Ampat,” pungkas Yan.

Pewarta : RV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here