Pencarian 11 Orang Penambang Yang Tersesat di Hutan Sidey Manokwari Terus Dilakukan

Pencarian 11 Orang Penambang Yang Tersesat di Hutan Sidey Manokwari Terus Dilakukan

MANOKWARI – 11 orang dikabarkan hilang saat mau pergi ke tempat pendulangan di Manokwari, Papua Barat.
Berdasarkan Kronologis yang diterima,
Yenures. Yan. Rumkorem (24 thn) salah satu orang yang ikut dalam rombongan pendulang tersebut, terakhir melakukan kontak via telepon hari selasa pagi, 26/01/2021 ke temannya. Dirinya meminta temannya untuk melaporkan ke kantor SAR Manokwari, Papua Barat karena sudah 4 hari perjalanan, dari tanggal 20/01/2021 masuk hutan, mereka belum sampai ke tempat pendulangan yang di tuju, (diduga tersesat), kehabisan bama dan 6 orang dikabarkan sakit. Sehingga dirinya melalui temannya, meminta bantuan SAR agar menjemput / menolong mereka. Dan dirinya beserta rombongan pendulang lainnya akan menunggu pertolongan di kepala air kali kasih, dan tidak akan ke mana-mana untuk memudahkan pencarian, dirinya sudah pasang kayu yang di ikat kain berwarna putih, agar memudahkan tim SAR untuk menemukan keberadaan mereka nantinya. ucapnya saat menghubungi rekannya. Selasa, 26/01/2021.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sandra teman dari salah satu korban hilang, yenures. Yan. Rumkorem, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

“iya benar, Yenures telepon minta saya untuk lapor ke kantor SAR, tapi karena saya di samarinda, saya hanya bisa melaporkan ke kantor SAR melalui via telepon seluler. Selain melaporkan ke kantor SAR, saya juga memberitahukan keluarga yenures di biak”.

Setelah mendapatkan laporan dari keluarga korban di biak, salah satu kerabat korban yang berada di Manokwari, ibu Tineke Tomasoa langsung mendatangi kantor SAR untuk melaporkan dan langsung di tindaklanjuti oleh tim SAR pada Kamis, 28/01/2021.

11 orang pendulang dikabarkan hilang diduga karena tidak mengetahui jalan ke tempat pendulangan yang di tuju, sehingga sudah 4 hari perjalanan mereka belum tiba di lokasi dulang yang di tuju, (diduga Tersesat) dan kehabisan bahan makanan dan juga di kabarkan diantaranya ada 6 orang yang sakit.

Laporan ini diterima kantor pencarian dan pertolongan (SAR) manokwari, Papua Barat secara resmi dari keluarga korban pada hari kamis, 28/01/2021. Satu tim langsung di utus menuju lokasi pencarian.

Pencarian tersebut dikoordinasikan dengan Polres Manokwari, Polsek Masni dan Kepala Kampung Sidey. Tim terdiri atas 19 Personil SAR, 1 Personil TNI AL, 2 Personil Polsek Masni, dan 4 kerabat keluarga korban.
Mereka didukung Prasarana 1 Unit Rescue SAR, 1 unit truck personil, 1 set palsar evakuasi, 1 tas palsar medis dan 1 tas berisi perlengkapan APD Covid-19.

Dari 11 korban pendulang, baru 2 korban yang sudah diketahui identitas nya. diantaranya Yenures. Yan. Rumkorem (24thn) dan Edi. Simopiaref (21thn). Sementara 9 orang lainnya belum diketahui identitasnya secara pasti.

Pewarta: Jimmy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here