KM Nusantara 2 Sandar Perdana Di Pelabuhan Korido

Supiori- Pelayaran perdana program Tol Laut Logistik dari wilayah selatan papua ke utara papua dengan kode trayek T-19, minggu 24 januari 2021 tiba di pelabuhan Korido, Kabupaten Supiori.

Dengan tibanya KM Nusantara 2 di pelabuhan korido merupakan pelayaran perdana menandakan bahwa kapal KM. Nusantara 2 resmi beroperasi di pelabuhan korido. Di mana kapal tersebut melakukan sandar perdana di pelabuhan korido, dan telah dilakukan acara bongkar muat 1 box konteiner kosong dari kapal ke dermaga di pelabuhan korido yang dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Supiori, Yules Warikar.

Kapal KM. Nusantara 2 resmi sandar perdana di pelabuhan korido dan dilakukan acara penyambutan adat mansorandak dari bupati supiori, Yules Warikar kepada beberapa pejabat pelni, perhubungan yang baru menginjakkan kakinya di pelabuhan Korido, Kabupaten Supiori.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Supiori, Yules Warikar berharap kehadiran layanan kapal ini menjadi sarana untuk memasarkan produksi lokal berupa hasil pertanian atau perkebunan, hasil perikanan yang ada di kabupaten supiori untuk diangkut melalui kapal ini ke tujuan pasar yang lebih menguntungkan.

“saya berharap kapal ini dapat menunjang pendistribusian barang dan pengembangan ekonomi di daerah terpencil dan daerah belum berkembang serta upaya menurunkan disparitas harga. Dengan tersedianya rute ini, mari kita manfaatkan program Tol laut agar pengiriman komoditi unggulan di supiori dapat terdistribusi ke daerah lain”. ucap Yules Warikar.

Menurutnya, ini sebagai wujud nyata dari Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan di provinsi papua dan papua barat, serta pelaksanaan program tol laut yang telah di canangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Disamping itu, kata yules, walaupun saat ini kita masih dihadapkan pada kondisi pandemi covid-19, ini merupakan bukti nyata pemerintah, baik pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan, Kementrian Perdagangan, Kementrian Desa, PDT dan transmigrasi maupun pemerintah provinsi dan pemerintah daerah terus berupaya mendorong sektor usaha masyarakat papua.

Diakhir kesempatan, bupati kabupaten supiori, Yules Warikar menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Presiden Republik Indonesia, dan Wakil Presiden, beserta seluruh Jajaran Kabinet Indonesia Maju atas persetujuan disinggahi kapal tol laut barang di pelabuhan Korido, Kabupaten Supiori.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kabupaten Supiori, Wakil Bupati Kabupaten Supiori, Anggota DPRD Supiori, Kadis Bapeda Supiori, Asisten 1 Kabupaten Supiori, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan masyarakat Kabupaten Supiori.

(Jimmy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here