KPU Supiori Resmi Tetapkan Drs.Yan Imbab-Nikodemus Ronsumbre Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Supiori

TC Supiori – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Supiori menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 desember 2020, pasangan calon Drs. Yan imbab dan bpk Nikodemus Ronsumbre resmi ditetapkan KPU Supiori sebagai bupati dan wakil bupati kabupaten supiori periode 2021-2024. Pasangan itu memperoleh suara sah 4.493.

Rapat pleno terbuka yang digelar di aula KPU Supiori, dengan tetap memperhatikan protokoler covid-19, yang dihadiri oleh ketua KPU Supiori, Wakil Bupati Kabupaten Supiori, Dandim 1708/BN, Kapolres Supiori, komisioner KPU, Bawaslu Supiori, Jajaran Forkopimda, Partai pengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati. Sabtu, 23 januari 2021.

Penetapan ini berdasarkan surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor : 01/PL.02.7-Kpt/9119/KPU-Kab/l/2021, dengan memperhatikan Berita Acara nomor : 01/PL.02.7-BA/9119/KPU-Kab/l/2021 tentang penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten supiori tahun 2020.

Merujuk pada surat Panitera Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia nomor : 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 januari 2021 perihal keterangan perkara PHP-Gub/Kab/kota yang di regristrasi di Mahkamah Konstitusi, surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia nomor : 60/ PL. 02.7-SD/03/KPU/l/2021 tanggal 20 januari 2021 perihal penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan serentak 9 desember 2020.

Ketua KPU Kabupaten Supiori, Silvia. Mundoni. ST mengatakan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Drs. Yan imbab dan bpk Niko Ronsumbre yang di usung partai demokrat dan golkar dengan perolehan jumlah suara sah yaitu 4.493.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten supiori, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, juga semua lapisan masyarakat kabupaten supiori yang sudah mensukseskan pilkada kabupaten supiori tahun 2020, walaupun di tengah situasi pandemi covid-19.

“saya mengapresiasi kerja rekan komisioner, seluruh jajaran KPU, teman-teman PPD, hingga PPS, serta teman-teman Bawaslu Supiori, yang mana telah menjalankan tugasnya dengan baik dari awal tahapan hingga pleno penetapan calon terpilih ini”. ucapnya.

Sementara itu, terkait pelantikan, komisioner KPU Supiori, Devisi teknis, Marhein Matoneng SE. M. Si mengatakan setelah proses penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten supiori hari ini, selanjutnya KPU Supiori mengirim pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Supiori.

“jangan tanya ke KPU lagi, karena selanjutnya DPRD akan melaksanakan rapat paripurna untuk menindaklanjuti penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih dan memproses ke Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) melalui Gubernur Provinsi Papua”. jelasnya.

Drs. Yan imbab saat di wawancarai usai penetapan mengatakan terimakasih buat masyarakat supiori yang telah memberikan hak suaranya, sehingga pada hari ini, dirinya bisa berada menjadi orang nomor satu di kabupaten supiori. Juga kepada semua pihak, wartawan yang banyak membantu mempublikasikan pemberitaan IMANI, Partai Golkar dan Partai Demokrat sebagai partai pengusung.

Dirinya juga mengapresiasi kerja TNI/Polri yang mana telah bekerja, bersinergi bersama-sama pihak penyelenggara, KPU Supiori dalam mensukseskan Pesta Demokrasi Pilkada Serentak Kabupaten Supiori tahun 2020.

“ini merupakan momen bersejarah bagi kami, di mana hari ini, tanggal 23 januari 2021 kami ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih kabupaten supiori. Terimakasih kepada masyarakat supiori yang telah memberikan hak pilihnya dan kedepan mari bersama-sama kita bangun supiori lebih baik lagi”. ucapnya.

Yanim sapaan akrabnya menambahkan buat teman-teman yang hari ini belum beruntung, jangan menyerah, hari ini adalah kemenangan yang tertunda.
Sementara itu, Wakil Bupati Nikodemus. Ronsumbre mengatakan dalam menunggu proses pelantikan, dirinya berharap agar masyarakat supiori dapat bersabar dan tetap menjaga kamtibmas.

“mari bersama-sama kita kawal proses pengusulan pengesahan pelantikan di DPRD Supiori, yang nantinya ke Gubernur dan ke Kemendagri. Saya minta kita kawal sama-sama dan tetap menjaga kamtibmas di Kabupaten Supiori”. tutupnya.

(Jimmy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here