Warinussy: Masyarakat Papua Berperan Dan Berhak Memberi Usulan Progresif Terkait Perubahan Otsus

TIFACENDERAWASIH.com – Amanat pasal 77 dari Undang Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua berbunyi : “usul perubahan atas Undang Undang ini dapat diajukan oleh rakyat Provinsi Papua melalui MRP dan DPRP kepada DPR atau Pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Di dalam penjelasan undang undang ini yang dimuat di dalam Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4151 pun tidak ada penjelasan lebih lanjut atas isi pasal 77 tersebut diatas,” kata Yan Warinussy SH, 12/01.

Demikian juga sebut Warinussy tidak ada aturan lain yang dibuat oleh negara untuk memberi penjelasan lebih jelas dari isi pasal 77 tersebut.

“Dengan demikian maka sebagai salah satu Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia (HAM) di Tanah Papua, saya justru memandang bahwa peran serta rakyat Papua di Papua dan Papua Barat sangat signifikan dan memiliki hak untuk memberi usulan progresif bagi perubahan atas isi Undang Undang Otsus itu sendiri,” ungkapnya.

Sehingga lanjut Yan, segenap upaya rakyat Papua yang didesak melalui diskusi, seminar, pernyataan bersama, maupun demonstrasi dan atau unjuk rasa sedapat mungkin difasilitasi guna memberi catatan kepada MRP/MRPB maupun DPRP dan DPRPB untuk mendesak perubahan atas UU Otsus Papua ke Negara melalui DPR RI. Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat memiliki posisi penting atas nama negara untuk menerima aspirasi rakyat mengenai usul perubahan UU Otsus Papua tersebut.

“Aspirasi yang telah diterima oleh Gubernur Papua dan Papua Barat tersebut dapat segera dibawa dan dibahas dengan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk mencari solusi efektif dan damai bagi penyelesaian masalah di Tanah Papua dengan pendekatan hukum tersebut,”jelasnya.

Menurutnya, aspirasi rakyat Papua tersebut juga dapat menjadi materi penting yang dapat diangkat sebagai materi Dialog Damai antara negara dan rakyat Papua ke depan, tutup Warinussy.

(RV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here