Yan Christian Warinussy: Bupati Manokwari Segera Benahi Manajemen RSUD

TIFACENDERAWASIH.com – Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Christian Warinussy meminta Bupati Manokwari segera membenahi manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari dengan menempatkan top manajemen yang bisa menjalankan prinsip the right man in the right place.

“Hari ini saya berada di depan Laboratorium RSUD Manokwari hingga jam 11:00 Wit mendapati ruangannya tertutup rapat dan tidak ada tanda-tanda ada satu orang petugas pun disana,” tuturnya.

Sementara itu, kata Yan, masyarakat yang berkumpul di depan Laboratorium sangat banyak.

“Ada yang mau bawa hasil pemeriksaan dan saya sendiri mengantar anak saya yang sudah dapat pengantar dari Poli Umum untuk periksa darah lengkap di laboratorium,” ucap Yan dengan nada kecewa.

Lanjut Yan, ada seorang ibu yang diantar suaminya ke ruang bersalin guna menjalani proses persalinan, tetapi tidak memperoleh pelayanan dengan alasan untuk sementara ruang bersalin ditutup.

“Ini benar-benar membahayakan nyawa seorang ibu yang hendak melahirkan sesuai perhitungan medis dari dokter. Sebagai Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia (HAM) di Tanah Papua, saya kira Bapak Bupati Manokwari mesti segera bertindak tegas,” tegas Yan.

Yan menuturkan, persoalan mendasar karena insentif penanganan Covid-19 bagi para medis, pelayan di ruang Laboratorium dan ruang bersalin yang sesuai informasi lebih rendah dibandingkan dengan perawat di bangsal-bangsal.

“Hal ini pas tersirat saat kami masih berada di depan Laboratorium dan ada seorang mantri atau petugas kesehatan berpakaian warna putih memakai topi datang dan bertanya kepada kami : “bapa mereka mau periksa darah atau mau ambil hasil?”. Ketika kami menjawabnya. Dia terlihat menelpon seseorang dan berkata: ” halo ibu martince (sebutannya bagi orang di seberang telpon selulernya), ini soal insentif bapa sudah menghadap Pak Wakil Bupati, jadi katanya akan diselesaikan, jadi mohon ada yang datang layani masyarakat di laboratorium dulu kah,” tutup Yan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here