Ketua WGAB: Perusahaan di Papua Harus Merekrut Pencaker OAP

TIFACENDERAWASIH.com – Ketua LSM WGAB Provinsi Papua, Yerry Basri Mak, SH meminta kepada perusahaan besar yang ada di Papua merekrut Para Pencari Kerja (Pencaker) Orang Asli Papua (OAP) untuk menjadi karyawan di perusahaan.

Kepada awak media, Yerry mengatakan bahwa dirinya mendapat laporan dari rekannya dilapangan bahwa banyak OAP yang bekerja di perusahaan dapat dihitung dengan dua sampai enam orang.

“Itu kami bisa hitung OAP yang berkerja di perusahan ada dua sampai enam orang, saya sebagai ketua LSM WGAB Provinsi Papua sangat menyayangkan sekali, sebenarnya perusahaan besar ini yang mereka utamakan untuk merekrut karyawan harus yang di utamakan OAP,” kata Yerry Basri Mak saat ditemui wartawan di kediamannya.

Lanjut dia, bahkan beberapa OAP yang sudah bekerja sepuluh tahun dan enam belas tahun di perusahaan belum diangkat menjadi pimpinan.

“Saya juga mendapat info ada beberapa perusahan di Papua, OAP yang sudah berkerja enam belas tahun ada juga yang berkerja sepuluh tahun tapi tidak di angkat menjadi pimpinan di perusahan. Pada hal kita lihat teman teman OAP dari segi kemampuan dan Akil dan intelektual sudah mampang dan siap jadi pemimpin di perusahan. Kenapa perusahan tidak berikan kesempatan untuk OAP jadi menejer atau pemimpin di perusahan,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan bahwa sudah waktunya OAP harus menjadi pemimpin di negerinya sendiri sesuai dengan amanat UU Otonomi khusus No. 21,” tutup Yerry Basri Mak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here