Kodim 1702 Jayawijaya Gelar Acara Lepas Sambut Dandim

TIFACENDERAWASIH.com, Wamena – Kodim 1702 Jayawijaya menggelar lepas sambut Dandim dari Letkol Inf Candra Dianto, SH kepada Letkol Inf Arif Budi Situmeang, S.I.P, M.Tr (Han), bertempat di Gedung Ukhumearek Asso Distrik Wamena Kab. Jayawijaya. Sabtu, (19/12).

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kabupaten Jayawijaya, para OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh agama, Perwira Staf, Danramil, para Bintara , Tamtama, ASN dan ibu-ibu Persit Kodim Jayawijaya.

Diawali dengan pembukaan oleh panitia, setelah itu dilanjutkan sambutan pejabat Dandim yang lama, Letkol Inf Candra Dianto, SH, mengatakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Jayawijaya, instansi, tokoh masyarakat, seluruh anggota dan Ibu-Ibu Persit, karena selama saya menjabat sebagai Dandim (-+ 2,5 tahun) tidak menemui kendala maupun hambatan yang berarti.

Kebersamaan dan koordinasi serta sinergitas bersama Pemkab Jayawijaya maupun instansi terkait berjalan baik, sehingga ketika ada muncul permasalahan di wilayah ini dapat diatasi. Salah satunya ketika terjadi Konflik Sosial September 2019 silam, yang mana atas sinergitas dan koordinasi yang baik dapat diatasi dan diselesaikan dengan cepat. Sehingga mendapatkan apresiasi dari Komando Atas maupun pimpinan pusat.

Mungkin selama saya bertugas (-+2,5 tahun) ada banyak hal-hal yang kurang memuaskan, baik tingkah laku maupun tutur kata mohon dimaafkan. Seperti sebuah pepatah *tak ada gading yang tak retak*,” tandas Letkol Candra.

Berikutnya sambutan Dandim 1702/Jayawijaya yang baru Letkol Inf Arif Budi Situmeang, S.I.P, M.Tr (Han), mengatakan bahwa sebelumnya pernah menjabat di Wilayah ini (-+ 2 tahun) sebagai Danyonif 756/WMS.

Saya juga pernah bertugas bersama Bapak Letkol Inf Candra Dianto, SH, mengamankan Distrik Mbua saat terjadi peristiwa yang mengakibatkan pekerja Pembangunan Jalan Trans Papua di Kab. Nduga meninggal dunia, dan mengevakuasi 17 Jenazah pekerja tersebut pada bulan Desember 2018 serta mengamankan kota Wamena pada saat terjadi Konflik Sosial September 2019. Banyak pengalaman dan pelajaran yang saya petik saat bersama Letkol Candra,” tutur Letkol Arif Budi Situmeang.

Dikesempatan ini kami memohon dukungan dan arahan kepada Bapak Bupati, karena sebagai pejabat baru saya masih awam, dimana sebelumnya kami bertugas di satuan tempur dan dan satuan pendidikan militer, sekarang memimpin di satuan Teritorial,” Kami akan mendukung penuh program Pembangunan Nasional yang Bapak lakukan di Kabupaten Jayawijaya ini, pungkas Letkol Arif Budi Situmeang.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Jayawijaya bapak Jhon Richard Banua yang biasa disapa JRB, mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kab. Jayawijaya, memberikan apresiasi kepada Letkol Inf Candra Dianto, SH, yang telah melaksanakan tugas dengan baik di Kab. Jayawijaya ini.

Saya ucapkan selamat bertugas kepada Letkol Inf Arif Budi Situmeang, S.I.P., M.Tr., (Han) (Dandim 1702/Jayawijaya Baru) yang nantinya akan bermitra dan bersinergi bersama kami Pemerintah Daerah Kab. Jayawijaya.
Sebelumnya sudah pernah bertugas disini dan kita dapat bekerjasama dengan baik. Saya kira saat menjabat Danyon 756/WMS dulu, Bapak sudah mengenal daerah ini, baik alam maupun karakter masyarakat dan budayanya. Itu dapat terlihat dari kedekatan Bapak dengan masyarakat yang kami saksikan.

Perpisahan dalam tugas sudah biasa terjadi, ini dilakukan agar terjadi merupakan penyegaran dalam organisasi di tubuh TNI. Agar memiliki pengalaman berdasar tour of duty, tour of area.

Tetap jaga hubungan baik walaupun jarak dan tempat sudah terpisah, laksanakan tugas dengan sebaik mungkin karena hari esok akan lebih baik dari hari sekarang,” pesan Bupati Jhon Richard Banua.

Pada saat terjadinya Konflik Sosial pada 23 September 2019 silam, Pemda, bapak Letkol Candra waktu itu sebagai Dandim, bersama Kapolres dan yang lainnya, dengan penuh semangat dan dedikasi menjaga keamanan Kota Wamena, Kab. Jayawijaya, (rk)

Otentifikasi: Pendam XVII/Cenderawasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here