3.548 arsip inaktif dimusnahkan KKP Merauke

TIFACENDERAWASIH.com – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 3 kabupaten Merauke laksanakan pemusnahan arsip. Pemusnahan arsip turut di hadiri dan di saksikan oleh unit kersipan II Setditjen P2P Kemenkes RI yakni drg. Lia leita kania amalia dan Wahyuni, SKM , Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke dr. Bambang Budiman, Muh. Dawi Dafinubun S. Sos (Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis Kab. Merauke), Kapolres Merauke Akbp.Ir. Untung Sangaji yang di wakili oleh Ipda Syukur Purba, Ketua Tim penghapusan Arsip KKP Merauke Yulianti Lande, S.Si, Apt, serta hadirin lainnya.

Kepala KKP kelas 3 Merauke dalam sambutanya mengatakan sesuai undang-undang kearsipan nomor 43 tahun 2009, dalam menghadapi tantangan globalisasi dan mendukung terwujudnya penyelenggaraan negara dan khususnya pemerintah yang baik dan bersih serta peningkatan kualitas pelayanan publik, penyelenggaraan kearsipan harus dilakukan dalam suatu sistem penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu.

“hal itu harus dilakukan disemua sektor baik di lembaga negara, pemda, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, ormas termasuk di kementrian kesehatan,” kata Bambang.

Lanjutnya, dalam pasal 17 UU nomor 43 tahun 2009 menyebutkan bahwa setiap lembaga negara wajib membentuk unit kearsipan.

“KKP kelas 3 merauke sebagai pencipta arsip dan juga unit kearsipan 3, wajib melakukan proses penyusutan sebagai dari siklus arsip yaitu penciptaan, penggunaan atau pemeliharaan dan penyusutan,” katanya.

Bambang berharap ditahun mendatang arsip inaktif yang telah memasuki jadwal retensinya akan secara diperiodik dilakukan penyusutan dengan memusnahkan.

Berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan RI No 21 Tahun 2020 tentang pedomanu Tata Kearsipan Dinamis dj lingkungan Kementerian Kesehatan dan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.HK.01.07/MENKES/175/2018 tentang jadwal Ratansi Arsip di lingkungan Kementerian Kesehatan serta Perka ANRI No 25 tahun 2012 tentang Pedoman Pemusnahan Arsip telah melakukan pemusnahan arsip inaktif
Sebanyak 3548 arsip seperti yang tercantum dalam daftar arsip yang dimusnahkan terlampir 7.000 lembar dan 1.159 berkas. pemusnahan arsip di lakukan secara total dengan membakar dan mencacah Arsip.

Dalam rangka efisiensi dan efektifitas ruang simoan ynag terbatas dan juga bentuk kepatuhan KKP kelas 3 Merauke terhadap gerakan nasional sadar tertib arsip (GNSTA) yang dicanngkan pemerintah untuk seluruh satker.

(JYB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here