Komisi V DPR-RI Apresiasi Persiapan Pelaksanaan Libur Natal dan Tahun Baru di Sulawesi Utara

TIFACENDERAWASIH.com – Komisi V DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunfik) di Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Wakil Komisi V DPR RI, Iwan Darmawan Aras mengapresiasi Kementerian PUPR, BPJT dan Jasa Marga dalam membangun Jalan Tol Manado – Bitung.

Kunjungan Komisi V DPR RI dilaksanakan dalam rangka meninjau kesiapan sarana dan prasarana menjelang hari libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II, Thomas Setiabudi Aden menjelaskan semua pekerjaan konstruksi yang sekiranya dapat mengganggu lalu lintas akan dihentikan selama libur.

“Kami pada puncak natal dan tahun baru akan menghentikan semua pekerjaan yang sekiranya mengganggu, hal ini merupakan hasil survey bersama dengan kepolisian dan perhubungan darat,” ujar Thomas.

Dukungan lain yang diberikan Kementerian PUPR melalui PT. Jasa Marga untuk libur Nataru yakni dengan menyediakan berbagai fasilitas pada Jalan Tol Manado – Bitung.

“Secara armada kami sudah menyiapkan Ada 3 unit patroli, 1 unit ambulans, 2 unit PJR, dan 1 unit rescue dan 3 unit derek. Kami juga sudah menyiapkan alat top up di setiap gerbang tol jadi masyarakat yang saldonya kurang itu bisa melakukan top up dan juga siap menjual kartu tol di tiap gerbang selama liburan,” ujar Direktur Utama Jasamarga Manado – Bitung George IMP Manurung.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras menyampaikan apresiasinya ketika melakukan tinjauan pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung.

“Saya memberikan apresiasi khususnya Kementerian PUPR, BPJT dan Jasa Marga atas upayanya yang pada dasarnya pembangunan jalan tol ini sudah dimulai sejak 4 tahun lalu. Masyarakat Manado dan Bitung khususnya sudah bisa menikmati jalan tol yang nantinya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya daerah Manado – Bitung ini,” kata Andi.

Tol Manado-Bitung dibangun dengan skema kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp. 5,12 Triliun. Konstruksi pada ruas Manado – Airmadidi sepanjang 15 km didanai oleh APBN, sedangkan ruas Airmadidi – Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan oleh BUJT  PT Jasa Marga Manado – Bitung.

Pembangunan Tol Manado – Bitung sepanjang 40 km dibagi menjadi dua seksi yakni Seksi 1 Ring Road Manado – Sukur – Airmadidi sepanjang 14 km dikerjakan oleh Kementerian PUPR dengan progres Seksi 1A ruas Manado-Sukur (7 km) dan Seksi 1B ruas Sukur – Airmadidi (7 km). Sedangkan untuk Seksi 2 Airmadidi – Bitung sepanjang 25 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasa Marga Manado Bitung yang terbagi Seksi 2A Airmadidi – Danowudu (11,5 km) dan Seksi 2B Danowudo – Bitung (13,5 km) progresnya 71,35%. 

Turut hadir dalam Kunfik Komisi V DPR RI Kepala BPJN Sulawesi Utara Agung Hari Prabowo, Kepala Bidang Pendanaan, Sekretariat BPJT, Marga Ambardy Efendy dan Kepala BWS Sulawesi I Manado, Bastari, beserta jajaran. (PPHAL/Fiq)

Pewarta : Valentino
Sumber : Humas Kementerian PUPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here