John Gobai Minta Semua Pihak Dukung Program Bupati Paniai “Gerakan Tanam Kopi”

Bupati Paniai, Meki Nawipa Bersama Petani Kopi di Kabupaten Paniai

TIFACENDERAWASIH.com – Masyarakat harus digiatkan menanam atau kegiatan positif apasaja, dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Menurut Jhon Gobay, Banyak kisah pernah dibuat oleh Kepala daerah di daerahnya dengan wajib tanam, dulu ada program wajib tanam Kakao di sekitar Jayapura, Kini dipaniai ada program wajib tanam kopi di tiap kampung.

“Gerakan tanam kopi
Bupati Paniai, Meki Nawipa mewajibkan tanam kopi misalnya satu kampung ada 10 hektar maka akan ada 2000 hektar lebih kopi di Paniai, Potensi ini pada waktunya akan menjadikannya Paniai satu lumbung kopi di Papua.

“Pengembangan
Dalam pengembangan bupati telah merencanakan agar dibangun sebuah BUMD dengan Peraturan Daerah untuk mengelola kopi agar dapat memberikan pendapatan bagi masyarakatnya tapi juga menjdi sumber bagi PAD Kabupaten Paniai dan memungkinkan produksinya akan berjalan terus jika dikelola secara professional dan berkelanjutan.

“Gerakan tanam kopi adalah sebuah program yang wajib didukung oleh semua pihak termasuk Pemerintah pusat dan provinsi demi pemberdayaan masyarakat.

John NR Gobai
(TC/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here