Kapolres Merauke Melaksanakan Pelatihan Home Industry Kepada Warga

TIFACENDERAWASIH.com – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum didampingi Anggota melaksanakan Pelatihan home industry kepada warga yang bertempat di Mapolres Merauke jalan Brawijaya No.27 Merauke, Minggu (22/11).

Pelatihan home industry ini untuk bapak-bapak dengan memanfaatkan limbah Batok Kelapa untuk di Jadikan Kancing Pakaian dan yang ibu ibu membuat Minyak goreng dari bahan baku Kelapa segar.

Kapolres turun langsung mengajar mama dan bapa papua ini cara membuat kancing pakaian dari limbah kelapa dan minyak goreng dari kelapa.

“kita sudah mulai untuk belajar lagi untuk menggunakan alat ini nanti ada tiga kali pertemuan saya minta agar mama dan bapa serius. Setelah belajar ini nanti dengan kita untuk Home Industri baik yang bikin minyak goreng, kancing dengan batok Kelapa kalau boleh jangan mabuk – mabuk lagi karena kalau sudah bagus saya akan lirik Saya akan memberikan hak untuk memproduksi pekerjaan yang dimiliki masing-masing yang batok kelapa untuk batok kelapa dan yang minyak goreng untuk minyak goreng.,” kata Kapolres.

Dirinya menambahkan bahwa satu buah kelapa ini dapat memiliki nilai jual hingga Rp. 500.000 bila memiliki corak yang bagus, Kancing pakaian yang terbuat dari limbah kelapa itu mempunyai nilai jual yang tinggi bahkan mempunyai nilai ekspor.

“Apabila bapa-bapa dan ibu-ibu basodara dong sudah mengerti cara membuat Home Industri ini saya akan Berikan peralatan ini untuk basodara dong untuk digunakan,” ungkap kapolres.

Dalam pelatihan itu, kapolres mengajarkan warga cara membuat alat masak untuk membuat minyak goreng dan mengulang kembali cara-cara membuat kancing pakaian. Mulai dari mencetak batok menjadi sebuah kancing pakaian.

Warga yang mengikuti pelatihan itu, memanfaatkan moment tersebut. Warga pun sangat antusias dan sangat bersemangat menerima pelatihan Home Industri. Warga Merauke sangat apresiasi kepada Bapak Kapolres Merauke yang mau mengajarkan pelatihan home industry bagi kami, semoga usaha home industry ini tetap berlanjut dan menambah kesejahteraan warga orang asli Papua.

(JYB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here