Bupati Nabire Pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana

TIFACENDERAWASIH.com – Dalam rangka penanggulangan bencana Tahun 2020, Bupati Nabire pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana Tahun 2020 bertempat di Halaman Kantor Mapolres Nabire. Jumat, (20/11/2020).

Hadir dalam apel bencana, Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos, M.A.P, Kapolres Nabire AKBP Kariawan Barus ,S.H., S.I.K., M.H, Kasdim 1705/PN Mayor Inf. Prihatin, Kepala BNPB Nabire Victor Fun, Kepala Basarnas Nabire Tri Jiko L.B, Asisten I La Halim, Dan Sub Den Pom Letda Cpm. Aswan, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, dan Perwira Polres Nabire.

Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, M.A.P dalam amanat menyampaikan, bahwa apel siaga bencana tersebut merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah daerah atas bahaya bencana.

“Bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan,” Ungkapnya.

Disebutkannya, apel ini menjadi hal wajib untuk kesiapsiagaan diri kita yang harus digalakkan khususnya untuk masyarakat nabire.

Maka dari itu perlu dilakukan penanganan bencana yang bekerjasama dengan seluruh unsur baik Polri, TNI, Basarnas, BNPB, Instansi terkait, masyarakat dan unsur pendukung lainnya.

“Pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengajak seluruh lembaga swadaya masyarakat dan semua pihak terkait dalam hal kesiapsiagaan, untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana dan yang terpenting adalah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dan usaha penanggulangan bencana agar masyarakat yang tinggal di nabire mengerti tanda adanya bencana, penanggulangan dan selamat dari bencana,” ucap Bupati.

Apel kesiapsiagaan antisipasi menghadapi bencana alam tahun 2020 Kabupaten Nabire ini juga merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi Polres Nabire melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman baik bagi stabilitas pemerintah daerah maupung nasional,” tutup Bupati Nabire, Isaias Douw. (RK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here