Seorang Narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Jayapura Melarikan Diri

TIFACENDERAWASIH.com – Polisi dalami kasus kaburnya salah satu Narapidana an. Nomsani Nawipa (20) di Lapas Narkotika kelas II A Jayapura. Senin, (09/11)

kejadian bermula pada hari Minggu tanggal 8 November 2020 Pukul 13.00 WIT, saksi yang pada saat itu sedang melaksanakan tugas jaga di pos pantau 2 tiba-tiba mendengar suara langkah sepatu dan saksi mengira itu adalah temannya, kemudian ketika saksi melihat kebawah, saksi melihat salah satu Narapidana sudah berada diluar pagar kawat dan saksi bergegas membunyikan lonceng namun Narapidana tersebut sudah berhasil keluar melewati pagar lapas.

Para petugas Lapas langsung melakukan pengejaran terhadap Narapidana tersebut, sesampainya diatas bukit belakang Lapas ditemukan barang-barang milik pelaku berupa, 1 (Satu) buah sepatu warna Silver, 1 (Satu) buah Sweater warna Hitam, dan 1 (Satu) buah celana jeans Panjang. Kemungkinan Narapidana tersebut mengganti pakaiannya sebelum turun ke kota agar tidak mudah dikenali oleh Petugas.

Swlanjutnya dilakukan razia di kamar Narapidana yang melarikan diri oleh Petugas Jaga yang dipimpin oleh Danru Jaga, Marthen Awi. Selama razia ditemukan barang-barang berupa, 1 (Satu) buah handuk besar warnah merah, 1 (Satu) buah baju kemeja Warna biru, 4 (Empat) buah barbel isi pasir warna Hitam, 2 (Dua) unit HP merk Asus dan Xiomi (rusak), 1 (Satu) buah Celana jeans pendek, 2 (Dua) buah colokan listrik yang di rakit, 3 (Tiga) potong besi pendek, 4 (Empat) pisau buatan (rakit) dari gagang sendok dan korek api gas, 1 (Satu) buah Sendok Besi, 1 (Satu) buah Topi motif garis -garis dengan warna biru putih dan hitam, serta 1 (Satu) buah pemanas air buatan dari sendok.

Adapun hasil koordinasi dengan Kalapas Narkotika Kelas IIA Jayapura Samaludin Bogra, Bc.IP, S.IP, yang menjelaskan bahwa Narapidana tersebut melarikan diri pukul 13.00 WIT, pada saat petugas melakukan penguncian kamar-kamar, Narapidana tersebut kabur dengan cara memotong pagar kawat menggunakan tang potong warna hitam hijau, selanjutnya memanfaatkan pintu pos 2 yang dalam kondisi terbuka dimana Narapidana tersebut memanjat pintu tersebut terlebih dahulu untuk menjangkau pagar lapas dan selanjutnya melarikan diri.

Kami dari pihak Lapas saat ini masih melakukan pengejaran dan kami sudah terbitkan DPOnya, saya juga sudah melakukan komunikasi dengan Kapolres Jayapura. Sebelumnya Narapidana ini juga pernah melarikan diri bersama 13 Narapidana lainnya pada tahun 2019, kemudian ditangkap atas kasus pencurian dan masuk kembali kedalam lapas pada bulan Januari 2020.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs Ahmad Mustofha Kamal S.H mengatakan, kini narapidana yang melarikan diri tersebut dalam pengejaran aparat keamanan yang dibantu oleh pihak Lapas Narkotika Kelas II A Jayapura.

Identitas Narapidana yang melarikan diri, Fredy Edward Jikwa (22), Laki-laki, warga Kampung Sereh Distrik Sentani Kabupaten Jayapura.

(RK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here