Miris…! Jelang Pilkada di Nabire, Kondisi Tenda Mama – mama Penjual Noken “Siapa Mo Help”

TIFACENDERAWASIH.com – Beginilah kondisi Mama-mama yang berjualan Noken didepan pertokoan taman laut Oyehe Nabire, kini para penjual noken maupun kerajinan tangan yang adalah Mama-mama asli Papua Kembali bertahan menunggu dagangannya laku dibawa tenda yang kusut dan sobek.

Menanggapi hal tersebut, pada Senin, (09/11) kepada media ini, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wadah Generasi Anak Bangsa Provinsi Papua, Yerry Basri Mak. SH, menyampaikan, bahwa Tentunya hal ini menjadi sebuah tanda tanya di balik persiapan pesta rakyat atau menjelang Pilkada 2020 di Kabupaten Nabire, adakah salah satu kandidat yang akan maju pada pilkada 2020 di Nabire berbaik hati untuk membantu memperbaiki kondisi buruk yang dialami Mama-mama penjual Noken?,”tanya Yerri.

Tentunya hal ini adalah tanggungjawab Pemerintah Daerah setempat, Namun alangka elok jika para kandidat Pilkada 2020 di Nabire berbaik hati untuk patungan memperhatikan nasip Mama-mama Penjual noken tersebut, apalagi pemandangan yang Aneh tersebut berada di tengah Pusat Kota Nabire.

Menurut Yerri, dari pada mereka bikin Baliho pasang di hutan – hutan Alangka baiknya mereka Perbaiki Tempat Dagangan Mama – mama dan bergambarkan Potret para Kandidat. Jika itu dilakukan, tentunya bisa menjadi sebuah Nilai tambah bagi para kandidat dan juga memperindah pemandangan pusat Kota Nabire,”kata Yerry.

“Memang diketahui Tenda Mama-mama tersebut sebelumnya difasilitasi oleh pemerintah kabupaten Nabire melalui Dinas Perdagangan, dan dipusatkan di depan Taman Gizi Oyehe Nabire, namun pemandangan tersebut sudah tidak layak untuk ditonton di tengah keramaian pusat kota Nabire. maka itu, menurut Saya, Pemda Nabire tidak serius memperhatikan Mama-mama. Hal itu terkesan mencerminkan pemerintahan yang hanya setengah hati untuk memperhatikan warganya, dan juga pemerintah yang tidak memikirkan nasip para Mama – mama yang Nota bene mereka adalah Orang tua kita.

Masih lanjut Yerry, maka itu Saya berharap nantinya jika siapa yang Menang pada Pilkada 2020 di Nabire agar kedepan bisa lebih memperhatikan nasip Mama-mama penjual kerajinan tangan Has Papua, karena merekalah pejuang yang selama ini mempertahankan aset budaya Papua, dan tentunya mereka sangat penting untuk diperhatikan,”Tandas Yerry Basri Mak.

(RK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here