Pelaku Pembuat Miras CT di Amankan Personil Polsek Wamena

TIFACENDERAWASIH.com – Penangkapan terhadap 2 orang pelaku Pembuat Miras Jenis CT oleh Tim Opsnal unit Reskrim Polsek Wamena, bertempat di jalan hom-hom tepatnya di salah satu rumah kos. Jum’at, (06/11).

Berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ada terdapat produksi dan penjual/pengedaran minuman lokal jenis air beras ketan (Balo) yang disuling (Cap Tikus) dilokasi III Wamena.

Mendapati laporan tersebut, Tim Opsnal Polsek Wamena Kota melakukan penyelidikan disekitar lokasi yang dimaksud. Dari hasil penyelidikan disekitar lokasi, tercium aroma bau minuman lokal, selanjutnya Tim Opsnal balik ke Polsek Wamena Kota dan melakukan rapat cara tehknis untuk mengungkap transaksi penjualan minuman lokal tersebut.

Tim kembali mendatangi lokasi dimaksud guna melakukan pengamatan disekitar lokasi, tidak lama kemudian terlihat 2 orang yang diduga merupakan pelaku keluar dari rumah dengan mengendarai sepeda motor yang mana terlihat jerigen dibungkus kantong plastik yang diletakan di dasbor motor tersebut. Kemudian Tim Opsnal Polsek Wamena Kota melakukan pembuntutan dimana kedua pelaku tersebut menuju kearah hom-hom Wamena dan masuk kesalah satu rumah kos. Selanjutnya Tim langsung melakukan penggerebekan dan ternyata ditemukan 2 buah jerigen dan 1 botol minuman mineral ukuran 600 ml yang dibungkus plastik adalah minuman lokal jenis Balo yang disuling (Cap Tikus).

Atas adanya barang bukti tersebut, Tim membawa kedua orang pelaku tersebut ke Polsek Wamena kota guna dilakukan penyelidikan, hasil dari penyelidikan tersebut didapati bahwa bahwa sebelumnya telah terjadi transaksi penjualan minuman lokal di jalan Sanger Wamena dimana uang dari penjualan belum diambil oleh kedua orang pelaku tersebut.

Selanjutnya Tim membawa kedua orang pelaku tersebut ke rumah di jalan Sanger Wamena yang dimaksud dan berhasil mengamankan barang bukti berupa 5 buah jerigen ukuran 5 liter yang berisikan minuman lokal jenis Balo yang disuling (Cap Tikus) dan uang senilai Rp. 4.900.000 dari hasil penjualan dan selanjutnya kembali ke Polsek Wamena Kota.

Tim juga kembali membawa kedua orang pelaku tersebut menuju rumah tempat pembuatan minuman lokal tersebut yang terletak di lokasi III Wamena dan menemukan alat-alat produksi minuman lokal dimaksud yang selanjutnya barang-barang bukti tersebut diamankan ke Polsek Wamena Kota.

Identitas Pelaku, Habid Dain (43), Laki-laki, warga Lokasi III Wamena, dan Musin (33), Laki-laki, warga Lokasi III Wamena.

Barang Bukti yang di amankan 7 buah jerigen berisikan minuman lokal jenis Balo suling (cap tikus), 7 botol air mineral ukuran 600 ml yang berisikan minuman lokal jenis Balo suling (Cap Tikus), 1 buah kompor hock, 1 buah belanga, 1 buah jerigen ukuran 5 liter berisikan minyak tanah, 1 buah ember warna merah berisikan minuman lokal jenis Balo, 1 buah ember berwarna biru yang telah dirakit pipa suling, ember cat berisikan kulit buah durian, 1 buah panci berisikan gula pasir, 1 unit sepeda motor metic.

Atas perbuatannya, para pelaku dapat dijerat pasal 204 ayat (1) KUHP, barangsiapa menjual, menawarkan, menyerahkan atau membagi-bagikan barang yang diketahuinya membahayakan nyawa atau kesehatan orang, sedangkan sifat berbahaya itu tidak diberitahukannya, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun. (RK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here