Pangdam XVIII/Kasuari Kunjungi Yonif Raider Khusus 762 Vira Yudha Sakti

TIFACENDERAWASIH.com – Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa S.E,M.Tr, (HAN) didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD/XVIII Kasuari, Ade Nyoman Cantiasa beserta rombongan mengunjungi Yonif Raider Khusus 762 Vira Yudha Sakti di Kota Sorong, Selasa (3/11/2020).

Kunjungan tersebut langsung disambut Komandan Batalyon Yonif RK 762 VRY Letkol (Inf) Charlie C Sondakh, Pangdam XVIII kemudian ditandu dan diarak prajurit menuju tenda yang telah disiapkan.

Tak berselang lama, Pangdam XVIII/Kasuari disuguhkan dengan simulasi pembebasan sandera yang dilaksanakan oleh para prajurit Raider.

Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dalam sambutannya memberikan arahan kepada para prajurit dengan mengatakan bahwa dirinya bangga dengan prajurit YRK 762 VYS.

“Kesatuan Raider Khusus 762 ini merupakan yang pertama berdiri di Tanah Papua dan di dalam Raider 762 ini ada prajurit – prajurit hebat, prajurit – prajurit pilihan,” ungkapnya.

Lanjut Pangdam, kemampuan khusus yang kalian miliki memang berbeda, karena Kesatuan Raider khusus ini sudah memiliki roh serta kemampuan yang tidak tertandingi.

“Dimata saya apa yang kalian tunjukan hari ini sungguh luar biasa, dan kalian adalah para prajurit yang diperhitungkan dan itu mencerminkan satu kesatuan,” tuturnya.

Pangdam berpesan kepada prajurit (bujang) jangan membuat pelanggaran, jangan sia-siakan perjalanan karirmu, pangkatmu, semua orang mempunyai masalah, kalau ada masalah, jika ada masalah hubungi pimpinanmu tidak usah disersi, jaga kehormatan diri dan kesatuanmu.

Lanjutnya, “untuk para perwira, hendaknya kamu memimpin dengan hati, karena prajurit sekarang ini adalah prajurit milenial, yang penuh dengan teknologi, tunjukan bahwa anda adalah pemimpin yang baik,” ucap Mayjen Cantiasa.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan Moto dari Kesatuan Raider ini, Kepatuhanku adalah Kebangganku, artinya kalian mempunyai nilai-nilai kesetiaan, setia kepada pimpinanmu, setia kepada sesama prajurit, begitu juga sebaliknya kepada para perwira harus setia kepada bawahanmu dan jaga kepercayaan.

“Saya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari saat ini mempunyai visi dan misi bagaimana menjadikan KODAM XVIII/Kasuari termasuk Batalyon Raider Khusus 762 VYS menjadi prajurit yang profesional dan harus bisa menjaga stabilitas keamanan yang ada disini dan jangan sekali – kali menyakiti rakyat, karena kita berasal dari rakyat, manunggal dengan rakyat, karena membangun negeri ini tidak bisa sendiri – sendiri, harus bersinergi dengan semua stakeholder,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, Pangdam mengapresiasi Batalyon Infanteri Raider Khusus 762 Vira Yudha Sakti. “Sekali lagi saya bangga dengan kalian, kalian adalah prajurit hebat, kalian adalah prajurit pilihan dan menjadi Pasukan Raider Khusus,” tutup Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Usai memberi sambutan, Pangdam menyerahkan 1 Unit motor Viar untuk operasional dan penanaman satu buah pohon.

Sebelum meninggalkan Yonif RK 762 VYS, Pangdam mengunjungi beberapa fasilitas yang ada dan menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba lari.

Dalam kunjungan kali ini, Pangdam di dampingi Irdam, Kapoksalhi Pangdam, Asren, Asops dan Kazidam XVIII/Kasuari. (R2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here