Wakapolda Papua Terima Kunjungan Tim ICRC, Perwakilan Kemenlu RI Serta Ketua PMI Provinsi Papua

JAYAPURA, TIFACENDERAWASIH.com – Wakapolda Papua didampingi Pejabat Utama Polda Papua terima kunjungan dari Tim ICRC, Perwakilan Kemenlu RI, Ketua PMI Provinsi Papua, bertempat di Aula Cenderawasih Polda Papua. Selasa, (20/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut,
Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri, Tim ICRC, Kemenlu RI, Ketua PMI Provinsi Papua Zakius Degey, Ketua Tim Delegasi Regional Alexander Faite, Pejabat Utama Polda Papua.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Delegasi Regional menyampaikan bahwa kami dari organisasi ICRC sampai dengan saat ini terus menjalin koordinasi yang sangat bagus dengan Dirjen Pas dalam penanganan Pandemik Covid 19 serta pendistribusian alat medis. Kami datang untuk berbagi informasi dan mendapatkan masukan apa yang bisa kita lakukan bersama untuk menghadapi Pandemik Covid 19.

Jika ada tahanan di Polres – Polres bisa memberikan informasi kepada kami ICRC sehingga bisa kita datakan untuk bantuan Covid 19. Terkait dengan latihan bersama Brimob dan Sabhara jika ada ketertarikan dari Polda Papua bisa kita bahas bersama.

Legal and Academic Adviser ICRC Doni Putranto dalam kesempatanya mengatakan bahwa kami sudah sampaikan kepada Kanwil Hukum dan HAM terkait pendistribusian bantuan menghadapi Pandemik Covid 19. Hingga hari ini tim kami melanjutkan pendistribusian alat medis untuk dapat membantu pencegahan Pandemik Covid 19.

Wakapolda Papua dalam kesempatanya menyampaikan bahwa kami sangat bersyukur dengan pendistribusian bantuan alat medis yang dilakukan oleh ICRC, di setiap markas komando Kepolisian pasti ada tahanan yang tentunya dapat terjadi penyebaran Covid 19 jika tidak kita perhatikan.

Terkait dengan pelatihan yang ingin kita rencanakan bersama, saya pikir sangat bagus karena eskalasi tindakan kekerasan di Papua masih sangat tinggi. Kami berharap dapat terus menjalin koordinasi dan kerjasama yang baik dengan ICRC.

Jika kita bisa bersama lakukan edukasi dan sosialisasi terkait dengan bahaya Covid 19 kepada masyarakat maka saya yakin kita bisa melakukan protokoler kesehatan sesuai dengan instruksi Presiden.

Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol. Nariyana pada kesempatanya mengatakan bahwa kendala kami yang hadapi adalah hasil Swab yang sangat lama hasilnya karena hanya ada 3 tempat yang bisa melakukan, sehingga kami berharap dari ICRC dan PMI pusat bisa membantu hal ini.

Perlu diketahui bahwa terkait dengan tahanan semenjak terjadi Pandemik Covid 19 ada regulasi untuk tahanan sebelum dilimpahkan harus melakukan rapid test sedangkan tidak ada dukungan sarana dan prasarana untuk melakukan rapid tes, sehingga kami harapkan ada bantuan untuk hal ini.

Dir Samapta Polda Papua Kombes Pol. Sondang Siagian pada kesempatanya mengatakan bahwa kita juga harus memperhatikan kesehatan dari para petugas dalam menghadapi Pandemik Covid 19 yang artinya kita harus juga memberikan perhaitan kepada para personil dengan memberikan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh.

Fungsional Diplomat Direktorat Fasilitas Diplomatik Kemenlu RI Dziky Muta’aly mengatakan bahwa, saat ini Indonesia menjadi tuan rumah 51 organisasi Internasioanal termasuk dengan organisasi ICRC.

Khusus kegiatan ICRC saat ini baru dimulai saat Pandemik Covid 19 dan bekerja sama dengan Dirjen Pas Kemenkumham terkait warga binaan di dalam lapas yang dikhawatirkan akan menajdi sumber meledaknya Pandemik Covid 19. Dalam Kepolisian yang menjadi mitra kami dalam setiap kegiatan dan koordinasi adalah Div Hubinter.

Ketua PMI Provinsi Papua Zakius Degey pada kesempatanya mengatakan bahwa terkait dengan Pandemik Covid kita dari PMI Prov Papua sudah lakukan kegiatan dari bulan februari 2020 seperti kegiatan sosialisasi tentang bahaya Covid 19, pembagian masker. Kami melihat juga kinerja Satgas Covid 19 yang berasal dari unsur TNI dan Polri di Papua sangat luar biasa.

(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here