Ricuh Antar Warga di Mappi, 4 Korban Luka-luka

MAPPI, TIFACENDERAWASIH.com – Perkelahian antara warga dari Kampung Lama dan Kampung Baru, Kepi Kabupaten Mappi, hingga mengakibatkan 4 orang mengalami luka-luka, bertempat di Kompleks tugu Pelabuhan Misi Kepi Kabupaten Mappi. Sabtu, (10/10).

Adapun kronologi kejadian tersebut pada sekitar pukul 06.00 Wit bertempat di Pelabuhan Misi Kepi, disaat kegiatan bongkar muat Kapal Motor Putra Tunggal 02, Modestus Erkuaimu alias Desi sedang beradu mulut dengan saudara Kristoforus Marpemu yang saling berebutan untuk mengangkat sepeda motor dari Kapal Motor Putra Tunggal 02.

Pada saat itu, Saudara Kristoforus Marpemu mengatakan “kita anak-anak Kampung yang mau angkat motor”, kemudian Kristoforus Marpemu bersama teman-temannya langsung menodongkan parang dan kampak ke arah Modestus Erkuaimu alias Desi sehingga Modestus Erkuaimu alias Desi langsung berlari untuk mengamankan diri ke rumah di Kompleks Tugu untuk bersembunyi.

Namun Kristoforus Marpemu bersama teman-temannya terus mencari keberadaan Modestus Erkuaimu alias Desi sambil melakukan pengrusakan di rumah Modestus Erkuaimu alias Desi. Mendengar suara keributan tersebut, Jefri Maksimus Pakaimu yang merupakan ipar dari Modestus Erkuaimu alias Desi terbangun dari tidurnya dan keluar rumah sambil menyisipkan parang di pinggangnya dengan mengatakan “ kalau cari orang cukup orangnya saja, jangan merusak rumah ”.

Selanjutnya Kristoforus Marpemu bersama rekan-rekannya langsung melakukan pengeroyokan dan pemukulan terhadap Jefri Maksimus Pakaimu sehingga Jefri Maksimus Pakaimu merasa tidak terima atas perlakuan tersebut dan Jefri Maksimus Pakaimu mengambil parang yang dibawanya dan langsung melakukan pembacokan terhadap Kristoforus Marpemu yang mengenai bagian kepala, kemudian Jefri Maksimus Pakaimu langsung melarikan diri ke rawa- rawa.

Atas insiden tersebut Kristoforus Marpemu dilarikan ke Puskesmas Kepi guna mendapatkan perawatan medis.

Selanjutnya personil Polres Mappi yang dipimpin Kabag Ops Res Mappi AKP Gunawan tiba di TKP dan mulai melakukan pengejaran terhadap pelaku untuk secepatnya mengamankan pelaku agar tidak menjadi sasaran amuk massa dari pihak Kristoforus Marpemu.

Pada Pukul 07.40 Wit, massa dari Kristoforus Marpemu telah berhasil menangkap pelaku Jefri Maksimus Pakaimu dan langsung menggiringnya serta melakukan penganiayaan terhadap pelaku secara brutal dengan menggunakan alat tajam berupa parang, kampak dan busur panah, sementara itu keluarga dari pelaku Jefri Maksimus Pakaimu yang melihat kejadian tersebut merasa tidak terima baik sehingga terjadi perkelahian antar kedua belah pihak yang berlangsung selama kurang lebih 10 menit. Atas kejadian tersebut mengakibatkan 2 (dua) korban terluka masing -masing an. Modestus Erkuaimu alias Desi dan Oscar Igimu serta rusaknya pagar rumah milik warga setempat.

Pada Pukul 07.55 Wit, massa mulai membubarkan diri dan situasi mulai aman dan kondusif.

Identitas para korban, Kristoforus Marpemu, laki-laki, 21 tahun, TKBM , alamat Kampung Baru Wamom ( mengalami luka bacok pada bagian kepala), Modestus Erkuaimu alias Desi, laki-laki, 28 tahun, TKBM, alamat kompleks tugu Pelabuhan Misi ( mengalami luka bacok pada bagian testa kepala), Oscar Igimu, Laki-laki, 20 tahun, TKBM, alamat simpang kampung dagemon ( mengalami luka bacok pada bagian kepala dan lengan kiri).

Adapun dentitas pelaku penganiayaan, Jefri Maksimus Pakaimu, laki-laki, 20 tahun, TKBM, alamat Kompleks Tugu Pelabuhan Misi (mengalami luka bacok pada bagian kepala dan jempol kaki kanan).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan pasca kejadian situasi aman dan kondusif, personil gabungan TNI- Polri masih melakukan pengamanan dan patroli untuk mencegah terjadinya aksi-aksi yang dapat mengganggu Kamtibmas di Kabupaten Mappi.

Untuk para korban saat ini telah mendapat perawatan medis di Puskesmas Kepi dan di RSUD Mappi.

(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here