Sejarah SMP YPPK Santo Fransiskus Epouto di Moenamani

TIFACENDERAWASIH.com, MOENAMANI – Di Ultah yang ke 57 Tahun 4 Oktober 2020 ini saya salah satu Alumni SMP ini mempersembahkan sejarah berdirinya SMP YPPK Sto Fransiskus Epouto di Moanemani berdasarkan Catatan dan Dokumen dari Beberapa Sumber Yang Ada.

Pada awal Tahun 1960 dibentuk satu lembaga Non formal yang sifatnya kursus yaitu : Katechetisch Coarching Centrum di Kampoeng Tage Biru Epouto. Kalimat dalam Bahasa Belanda ini terjemahannya ialah : Pusat Pembinaan Kateketik ( PPK ) di Daerah Wisselmeren Keuskupan Hollandia.

Pencetus Idea perlu adanya Lembaga Pendidikan Formal setingkat SMP Di Daerah Wisselmeren ialah Bapa Uskup Manfred Rudolf Staverman OFM. Uskup memerintahkan kepada Pastor Willem Rombouts OFM yang saat itu ketua PPK di Epouto agar supaya mulai menyiapkan tempat untuk membangun dua buah SMP yang lokasinya satu di Wahgete satunya lagi apakah di Epouto atau di Enarotali.

Namun saat itu di seluruh Daerah Wissel belum ada Sekolah Dasar yang menamatkan kelas VI sehingga akhir Tahun 1962 barulah dimulai persiapan untuk rencana mendirikan dua sekolah formal setingkat SMP tersebut. Ketentuan lokasi yaitu 1 buah SMP di Wahgete dan 1 lagi dipilih lokasi di Epouto dengan berpola Asrama. Mengapa dipilih di Epouto bukan di Enarotali sebagai Pusat Pemerintahan yang semakin ramai saat itu ????

Identitas dua sekolah SMP yang akan dibangun yaitu : Status Sekolah : Swasta ( Missie ), Status Kepemilikan : Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik / YPPK, Tingkat Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama 3 Tahun, Kurikulum : Nasional dan Muatan Lokal….!!

SK. Pendirian sekolah tertunda hampir 1 Tahun lebih sejak Oktober 1962 akibat gejolak Politik antara Belanda dan Indonesia mengenai status Politik Papua saat itu sehingga mulai tanggal 1 Oktober 1962 Pemerintah Belanda harus angkat kaki dari Tanah Papua untuk selamanya dan West Papua diambil alih olen Pemerintah sementara PBB ( UNTEA ) untuk menjalankan Administrasi Pemerintahannya sehingga SK Pendiriannya baru bisa keluar pada Tahun 1963.

Surat Keputusan / S.K Pendirian dengan No. 1435. Tanggal 4 / 10 /1963. Kemudian menyusul S.K Ijin Operasinal terbit dalam bulan berikutnya yaitu : Tanggal 26 November 1963. Setiap Tanggal 4 Oktober ditetapkan sebagai Ulang Tahun sekolah karena itu berdasarkan Tanggal terbitnya SK Pendirian SMP tertua di Pegunungan Tengah ini, bukan berdasarkan terbitnya SK Ijin Operasional.

Berarti Tanggal 4 Oktober 2020 ini Ultah yang ke 57 Tahun. SMP ini sebelum memindahkan ke Moanemani sudah menghasilkan beberapa Tokoh besar dan ternama di Tanah Papua diantaranya 1. Drs. A. P. Youw Mantan Bupati Nabire, 2. Philipus Kum Alm Mantan Bupati Puncak Jaya, 3. Januarius Douw SH mantan Bupati Paniai, 4. Drs Thadius Kedeikoto M.Th mantan Anggota DPR / MPR RI Periode 1999 – 2004, 5. Drs Daniel Butu BA mantan Ketua DPRD Kabupaten Nabire, 6. DR. Pastor Jan Youw, 7. Pastor Nato Gobay Alm, 8. Pastor Piet Goo Alm, 9. DR. Pastor Neles Kebadabi Tebay Pr Alm, 10. Drs Philipus Degei, Douzen IPI/ STPK Waena, 11. AKBP DR. Polisi Petrus Waine SH. M.hum, 12. Ambrosius Penmas Kotouki Tokoh Masyarakat yang terkenal di Lembah Hijau Kamoe dan Daerah Mapia, 12. Dan lain lain masih banyak lagi.

Tepat Tanggal 2 Mei 1978 Gedung baru SMP YPPK Santo Fransiskus Epouto di Moanemani diresmikan oleh : Bupati KDH. TK II Paniai Bapa Andreas Soenarto dan sore harinya Bapa Uskup Herman Munninghoff OFM menggunting Pita sambil memberkati Gedung Utama, Rumah Guru, Rumah Pembina dan Rumah Penginapan siswa.

Besoknya tanggal 3 Mei 1978 secara resmi sekolah formal ini mulai beroperasi seperti biasa sampai sekarang. Saat itu penggabungan Tahun Ajaran sehingga terjadi perpanjangan Tahun kenaikan kelas dari biasanya awal bulan Desember menjadi bulan Juni pertengahan Tahun berikutnya sampai berlaku hingga sekarang.

SMP yang baru memindahkan ini kelas II dan III diisi oleh Siswa pindahan dari Epouto, Wahgete, Kokonao dan Nabire, sedangkan untuk kelas 1 murni diterima anak-anak yang baru tamat Sekolah Dasar di seluruh Lembah Kamoe, Mapia, Bilogai dan Bilai. Kalau dilihat dari bukti dokumen dan catatan catatan pendukung lainnya yang ada maka : Pastor Willem Rombouts OFM bisa dikatakan dan ditetapkan sebagai Bapa Pendiri SMP YPPK SANTO FRANSISKUS EPOUTO DAN MOANEMANI.

Ringkasan sejarah berdirinya SMP tertua di Pegunungan Tengah ini masih agak panjang tetapi saya petik yang inti secara garis besar namun bisa dipahami oleh generasi sekarang dan yang akan datang.

SELAMAT ULTAH SEKOLAHKU YANG KE 57 TAHUN.
Usia Mu sudah senja namun tetap kokoh berdiri diantara Suku Mee, Suku Moni dan siapa saja yang menimbah Ilmu di sekolah ini.

Sumber : Catatan : Thom Teteerro OFM, Makalah Willem Rombouts OFM, Koran SKM Tifa Irian 1992. Majalah Serafica Jayapura 1969. Kronologi Sekolah YPPK di Irian Jaya 1994, Arships Keuskupan Jayapura 1995. (Red)

Dok Foto : Stichting Papua Erfgoed. Fotografer : Jos Donkers. Diupload oleh : Eman Petege.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here