Cuaca Buruk Gagalkan Tim SAR Dalam Pencarian Helikopter PK-USS Lost Contact di Nabire

TIFACENDERAWASIH.com, Nabire – Helikopter AC Registrasi : PK -USS dengan AOC dari PT. NUH (Nasional Utility Helicopter) di Kabarkan hilang kontak (Lost Contact) pada Pukul 10.16 WIB. di wilayah Kabupaten Nabire – Papua. Kamis, (17/09).

Saat di konfirmasi oleh tim Tifa Cenderawasih melalui telfon selular, Hal ini di benarkan Kapolres Nabire Melalui Wakapolres Nabire, Kompol. Samuel D. Tatiratu, SIK menyampaikan bahwa, Sehubungan dengan informasi adanya dugaan Helikopter PK USS Dengan AOC dari PT. NUH ( National Utility Helycopter ) pada Kamis 17 September 2020 pukul 10.16 WIB, Tim Jakarta Emergency Group mendapat Report Aircraft lost Contact dimana sejak 2 jam yang lalu dari tim Nabire. di ketahui posisi terakhir Helikopter tersebut pada Koordinat 3:33.3 S, 136:9.28 E at last report, yang di perkirakan berada pada sekitar kampung Lebah Kabupaten Paniai.

Diketahui, Bahwa Helikopter AC Registrasi : PK-USS Milik PT. NUH tersebut Bersama 3 Crew, Capt. Endy Nawalaga (PIC), Capt. Erik Kurniawan (FO) dan M. Aswar (HLO) melakukan Route Penerbangan dari Nabire Airport KM 100 (Staging Area) – Baya Biru (Staging Airport).

“Setelah menerimah informasih tersebut, pihak Polres Nabire
berkoordinasi serta konsolidasi di Bandara Nabire bersama M. Nafiek (Kabandara Nabire), Kapten Supriadi (Paskas Nabire), pihak Kapolsubsektor Bandara Nabire dan Basarnas Nabire serta pihak Maskapai Helikopter PK-USS

“Usai Koordinasi dan konsolidasi, selanjutnya pada puku 15.35 WIT, langsung melakukan Upaya Pencarian Helikopter AC Reg: PK-USS dengan menggunakan Pesawat Smart Jenis Karavan SNK Tipe C 208, yang di terbangkan Rainer (Capt), Wahyu (FO).

“Ikut serta dalam Pencarian tersebut, Ipda P. Paranoan (Polri), Bripka Slamet Mihel (Polri), Koptu. Imron Rosadi (Paskas), Kopda Fajar Setiadi (Paskas), Baharudin (Basarnas), Safri (Basarnas), Mulyadi (Pihak Helikopter PK-USS), Suratman (Pihak Helikopter PK-USS).

Pesawat yang melakukan Pencarian tersebut take off dari Bandara Nabire pada jam 15.35 WIT menuju Titik Kordinat yang di duga tempat helIkopter PK-USS yang mengalami Lost Contac.

“Sekitar 30 menit Pesawat melakukan pencarian dari Udara dengan berputar di sekitar kordinat lost contact, namun tim belum bisa menemukan dan mendapatkan lokasi tempat dan posisi yang diduga Hely mengalami Lost Contac tersebut dikarenakan kondisi cuaca di mana awan tebal menutupi area koordinat yang di duga TKP, serta wilayah tersebut di kelilingi Tebing gunung.

“Selanjutnya Atas Saran dari Capt. Pesawat Smart Air yang melakukan pencarian tersebut untuk tidak bisa dipaksakan pencarian dan kemudian Kembali karena Cuaca tidak mendukung dan waktu sudah sore.

“Rencananya akan di lakukan kembali pencarian Helikopter PK-USS pada besok hari Jumat, 18 September 2020 jam 08.00 WIT dengan menggunakan dua (2) Helikopter Asian One. Jelas Wakapolres Nabire.

(RK/TC-Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here