Secara Simbolis, Pemda Kabupaten Sorong Serahkan Bantuan BSPS Bagi Masyarakat Kelurahan Klaigit

TIFACENDERAWASIH.com, Sorong- Kriteria  Masyarakat Papua yang berhak mendapatkan Program Bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) adalah masyarakat yang rumahnya masih vondasi atau rangka, yang lebih terpenting adalah afirmasi bagi orang asli Papua itu sangat penting, terlebih kusus orang asli suku Moi.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong Amatus Turot, S.Hut, M.Si saat penyerahan program BSPS secara simbolis oleh Pemda Kabupaten Sorong dan Balai penyedian perumahan Provinsi Papua Barat kepada masyarakat calon penerima bantuan (cpb)di kelurahan Klaigit. Rabu, (26/08).

Amatus menjelaskan, bahwa di lapangan tidak semuanya bisa menerima program bantuan BSPS ini, kami harus melihat dulu apakah di daerah itu memenuhi kriteria atau tidak, kalau memang memenuhi kriteria berarti 100% akan menerima bantuan BSPS, karena afirmasi itu sangat penting, “ucapnya.

Jumlah keseluruhan yang berhak menerima bantuan BSPS totalnya 670 Yang terdiri dari reguler usulan Pemda kabupaten Sorong sebesar 550 di tamba lagi dengan usulan dari Anggota DPR RI Jimi Demianus Ijie sebesar 120, totalnya 930. Ada juga usulan tambahan dari Pemda kabupaten Sorong sebesar 220, sementara itu ada juga usulan dari Anggota DPD RI sebesar 40.

Target kebutuhan lapangan yang sudah tercapai menurut data sementara dari total 670 sudah hampir 90% di terima oleh masyarakat calon penerima bantuan cpb, sedangkan data kebutuhan di kabupaten Sorong sangat besar, tetapi untuk saat ini kami di batasi dengan kuota yang sangat terbatas.

Bantuan BSPS ini akan tersebar di Distrik Aimas, Mariat, Mayamuk, Salawati, Wemak, klamono, Sayosa, Klasafet dan Klawak, Kami dari dinas sosial hanya menjalankan tugas sesuai dengan wilayah yang sudah di tetapkan oleh pihak Satker, “ujar Kadis Sosial

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sorong Dr. Johny Kamuru, SH, M.Si, juga menyampaikan ada kuota yang memang di usulkan oleh Pemda Kabupaten Sorong, kemudian ada kuota yang memang bagian dari aspirasi DPR RI.

Harapan bupati kepada masyarakat calon penerima bantuan yang Sudah mendapatkan jatah pembagian program BSPS, semoga bantuan ini bisa dapat membantu dan meringankan beban masyarakat selama ini, “harapnya.

Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Sorong mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo, yang mana punya perhatian kepada seluruh masyarakat yang ada di republik ini, terutama masyarakat di wilayah Kabupaten Sorong

Turut hadir dalam kegiatan tersebut
Bupati Kabupaten Sorong, Wakil Bupati Kabupaten Sorong, Anggota DPR RI Komisi V, Kepala Kejaksaan negeri Sorong, Kepala Balai Perumahan Provinsi Papua Barat, Kapolres Sorong atau yang
mewakili, Dandim 1802 Sorong,
Ketua DPR kabupaten Sorong atau yang mewakili, Kepala kelurahan Klaigit.

Reporter : Jefri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here