Hari Kelima Dit Lantas Polda Papua Jaring 71 Pelanggar Pada Ops Patuh Matoa 2020

Jayapura – Direktorat Lalu Lintas Polda Papua melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Matoa 2020, hari ke Lima dan berhasil menjaring 71 pelanggar. Senin (27/07).

Kegiatan dipimpin oleh Kanit II PJR Dit Lantas Polda Papua Iptu Haryanto didampingi Kanit III PJR Dit Lantas Polda Papua Iptu Laly W. Pundu, S.Sos dan Kanit Tatib Subdit Gakkum Dit Lantas Polda Papua Iptu Yulius Harikatang.

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Depan Mapolda dan Traffic Light Brimob Kotaraja. Adapun jumlah pengguna jalan baik Roda Dua maupun Roda Empat yang diberi Tindakan sebanyak 71 pelanggar diantaranya Tilangg sebanyak 21 pelanggar dan Teguran sebanyak 50 pelanggar.

Kanit II PJR Dit Lantas Polda Papua Iptu Haryanto dalam kesempatannya mengatakan bahwa sasaran dari operasi ini adalah Pelanggaran Kasat Mata atau yang tidak menggunakan helm, Kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan, Surat-surat berkendara seperti SIM, STNK dan kelengkapan surat kendaraan lainnya serta Pengemudi atau pengendara yang dalam pengaruh miras.

Kami dari Direktorat Lalu Lintas Polda Papua menghimbau kepada masyarakat agar selalu tertib dalam berlalu Lintas, sebelum berkendara lengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan lainnya seperti helm dan kaca spion.

Untuk hari ini, kami masih melakukan himbauan dan sosialisasi, akan tetapi untuk besok dan seterusnya kami akan melakukan tindakan penegakan hukum dengan melaksanakan penilangan bagi pengendara yang melakukan pelanggaran kasat mata, seperti tidak menggunakan helm standar dan surat-surat kendaraan yang tidak lengkap.

Sedangkan untuk penindakan berupa tilang yang kami berikan hari ini karena kendaraan tersebut dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain di jalan raya, serta penindakan berupa Teguran kepada pengendara yang dapat diberikan toleransi atau kebijakan oleh personil dilapangan.

Selain itu anggota dilapangan juga memberikan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru kepada masyarakat, yaitu tentang penggunaan masker saat berkendara, jaga jarak dan mencuci tangan setelah beraktifitas.

(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here