Wujudkan Ketahanan Pangan, Bersama Dinas Pertanian Polres Mappi Menanam Palawija

TC Mappi – Polres Mappi bersama dinas Pertanian melakukan penanaman tanaman jangka Panjang dan Palawijaya, guna mendukung ketahanan pangan di Kampung Tangguh Soba Kabupaten Mappi. Sabtu, (25/07).

Hadir dalam kegiatan, Kapolres Mappi AKBP Cosmos Jeujanan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mappi Vincensius Jamlean, Pejabat Utama Polres Mappi dan personil Polres Mappi serta Staff Dinas Pertanian Kabupaten Mappi.

Pandemik virus corona dan pembatasan jarak sosial berdampak pada kehidupan masyarakat. Tidak hanya soal kesehatan dan ekonomi, pandemik mengimbas ketahanan pangan, terutama dalam penyediaan pangan khususnya dalam rumah tangga. Kondisi tersebut menjadi beban bagi kaum perempuan yang dituntut bertanggung jawab untuk menyediakan pangan bagi keluarga.

Oleh karena itu Polres Mappi bersama Dinas Pertanian Kabupaten Mappi menggandeng kelompok Tani melalui gerakan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur guna mewaspadai krisis pangan saat pandemik.

Dinas Pertanian Kabupaten Mappi dan Polri mengajak masyarakat di Kampung Tangguh Soba Distrik Obaa Kabupaten Mappi untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanami Padi, Sayur-Sayuran hingga Palawija selama pandemi covid-19. Langkah tersebut harus ditempuh masyarakat agar tidak terjadi krisis pangan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah, sehingga kebutuhan dasar sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi selain itu juga merupakan suatu wujud kebersamaan Polri dengan masyarakat.

Kapolres Mappi AKBP Cosmos Jeujanan dalam kesempatannya mengatakan bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tengah pademi penyebaran Covid-19 ini.

Karena pertanian adalah sektor yang penting, khususnya dalam menghadapi Covid-19, karena, ketersediaan pangan akan turut membantu pembentukan imunitas yang dibutuhkan untuk melawan Covid-19.

Dalam pelaksanaan kegiatan penanaman Bibit sayur, Kedelai dan Palawija ini tetap diperhatikan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan tetap menggunakan masker serta menjaga jarak ( phsycal distancing ).

Kepala Dinas Pertanian Vincensius Jamlean dalam kesempatannya mengatakan bahwa percepatan tanam sangat penting dalam kondisi saat ini dengan memanfaatkan lahan yang menganggur dengan melakukan percepatan tanam, dalam kegiatan penanamam bibit hari ini .

Upaya membina para kelompok tani, juga sebagai upaya memenuhi Instruksi Presiden untuk melakukan langkah-langkah jika terjadi krisis pangan,karena akibat wabah Covid -19 kita harus siap siaga dalam memastikan produksi pangan dan produktivitas pertanian tetap terjaga.

(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here