John NR Gobai: Jangan Tersandera Dengan Informasi Menggangu Ketenangan Hidup, Sebab Ada Kabupaten di Papua yang Bebas Dari Covid-19

TIFACENDERAWASIH.com, Corona melanda dunia, namun masih ada daerah bebas Corona di Papua. maka itu,
Saya pikir jangan tiap hari kita disuguhi angka angka Corona antara lain, berapa positif, PDP dan ODP, tapi cobalah umumkan juga daerah bebas Corona di Papua, “kata Jhon NR Gobay Kepada Tifacenderawasih.com, Jayapura. Senin, (18/05).

John NR Gobay Mengatakan, “Agar kita tidak tersandera oleh pemberitaan yang mengganggu ketenangan hidup masyarakat Papua,
dan yang penting bahwa di Papua masih bnyak kabupaten yang aman dari virus Corona, ” ungkapnya.

“Saat ini ada 12 kabupaten/kota yang telah terpapar Covid-19. Sedangkan 17 kabupaten lainnya masih bebas Covid-19 di Papua.

“Adapun daerah yang Bebas Corona dan terkena Corona, menurut dinas kesehatan provinsi Papua, di Provinsi Papua, saat ini ada 12 kabupaten/kota yang telah terpapar Covid-19. Sedangkan 17 kabupaten lainnya masih bebas Covid-19.

“Dalam hal ini kita terus menjaga agar kabupaten yang yang masih bebas tetap bebas dengan menutup akses ke daerah tersebut. Selain itu, pengamatan kita (surveilans) dengan secara rutin melakukan pemeriksaan Rapid Test dan konfirmasi PCR untuk memastikan bahwa daerah atau penduduk belum terinfeksi.

“Menurut Dinas Kesehatan Papua, kita dapat survey tempat-tempat atau orang yang beresiko tinggi seperti pasar, tukang ojek/sopir, tukang sayur, tukang cukur, petugas kesehatan, daerah sekitar puskesmas atau rumah sakit, daerah yang padat/lokasi ramai, asrama, orang dengan penyakit penyerta lainnya bahkan lembaga permasyarakatan, orang dengan gangguan pernapasan atau gejala flu ( Influenza Like Illness) dipantau dan ditest.

Lanjut John Gobai, “Menurut saya telah jelas bahwa ada juga daerah yang bebas dari Corona dan juga ada daerah yang Penduduknya ada terkena corona.
Penanganan juga mesti beda tidak bisa disamakan. artinya, daerah yang Penduduknya ada yang telah terkena Corona artinya, positif, ODP atau PDP ini yang musti dikunci pintu dan didalamnya dilaksanakan tes massal dan karantina merka yang reaktif, dll. Ditangani secara intensif.

“Sementara daerah yang bebas Corona tetap dikunci tetapi masyarakat dibiarkan bebas beraktivitas dan wajib tes juga agar mreka dpt mencari nafkah bagi keluarga dan mencari uang utk mengirim kepada anaknya dikota kota study diluar kampungnya.

“Daerah bebas Corona perlu diekspos dan Masyarakat daerah tersebut mesti dapat bebas beraktivitas, jangan daerah yang bebas Corona menjadi korban atau ikut melakukan hal yang sama dengan daerah yang sdh ada Corona.

Ada 17 kabupaten masih bebas dr Corona
itu harus diekspos..jangn tiap hari angka peningkatan yang diekspos trus seakan akan ingin menyandera orang dengan pemberitaan yang membuat Corona seakan akan malaikat pencabut nyawa,” Tutup John NR Gobai.

//TC-team

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here