SINERGITAS TNI-POLRI MAMBERAMO RAYA DALAM PANDEMI COVID-19

TIFACENDERAWASIH.com,Jayapura – Dalam rangka memutus mata rantai  penyebaran covid-19 di wilayah kabupaten Mamberamo Raya,  Pemerintah daerah melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 mendatangkan sembako, alat kesehatan (Alkes) yang dikirim menggunakan KM Lestari Permai dan kapal kayu dari pelabuhan Jayapura, menurut Bupati Dasinapa yang di rilis oleh Kitorangpapua.com, Kamis(8/5) lalu.

“Untuk pencegahan Covid-19 ini, kami melangkah sesuai regulasi baik dari pusat maupun daerah. Salah satunya langkah pertama mengirim alat kesehatan dan bahan makanan guna pencegahan covid-19 untuk daerah tertentu sebagai pintu masuk ke Mamberamo Raya. Jadi bahan makanan yang diantar itu untuk 8 titik bersama alat kesehatan, namun pengiriman Bama dan Alkes ini untuk 8 Distrik di kabupaten Mamberamo Raya”,jelas Bupati Dasinapa.

Sebagai aparat pemerintah di kabupaten Mamberamo Raya, TNI-Polri tidak mau tinggal diam, untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di kabupaten Mamberamo Raya serta bertekad bersatu, bahu-membahu untuk bersinergi dengan tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Mamberamo dalam melawan covid-19.

Dimana hal tersebut terlihat saat aparat TNI-Polri dan tim gugus tugas covid-19 bersama-sama membongkar muatan KM Lestari Permai dan kapal kayu yang mengangkut bahan makanan dan sembako serta alat kesehatan yang dikirim dari Jayapura minggu lalu, masyarakat setempat pun ikut bergotong royong membantu, Kamis (14/5/2020).

Kegiatan pembongkaran muatan ini dilakukan oleh TNI-Polri yaitu anggota pos Ramil 1712-04/ Mamberamo Hilir gabungan dengan anggota polres Mamberamo, BPBD (team covid 19) dan masyarakat dilakukan dengan penuh kebersamaan dan semangat gotong royong untuk bersama melawan covid-19.

“Kami anggota TNI yang ada di Mamberamo dan anggota Polres Mamberamo saling gotong royong untuk membongkar muatan KM Lestari Permai dan kapal kayu dengan semangat, dan tentunya di bantu juga oleh masyarakat disini”, terang Pabung Mamberamo Raya Kapten Inf Ahmad, di temui di saat kegiatan tersebut.

Muatan KM Lestari Permai dan kapal kayu yang memuat bahan makanan, sembako , APD dan alkes, sedangkan kapal kayu digunakan untuk memuat bansos berupa beras sejumlah 100 ton ,perlengkapan dapur,kasur dan alkes untuk menghadapi wabah virus covid-19.

Selanjutnya sembako dan alat kesehatan diangkut dan ditempatkan di Aula BPBD Mamberamo Raya sebagai posko gugus tugas penanggulangan covid 19, sedangkan beras ditempatkan di dinas sosial Kab. Mamberamo Raya, yang semua nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di kabupaten Mamberamo Raya.

Komandan Kodim 1712/Sarmi Letkol Inf Lamberth Jerry Mailoa, S.E. yang dihubungi lewat telephon selulernya menegaskan bahwa, TNI-Polri sebagai aparat pemerintah akan mendukung dan mensupport penuh kebijakan pemerintah daerah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di wilayah kabupaten Mamberamo Raya.

“Kami akan terus bersinergi mendukung semua kebijakan dan langkah pemerintah daerah dalam rangka untuk menghadapi pandemi covid-19 ini. Diperlukan kerjasama semua unsur, baik TNI-Polri dan Pemerintah Daerah serta masyarakat Mamberamo Raya untuk bersama-sama menghadapi pandemi covid-19 ini”, tegasnya.

Sementara itu, ketua gugus tugas covid-19 kabupaten Mamberamo Raya Drs Deden Sumantri menambahkan, jika penanganan covid-19 di Mamberamo Raya ada tiga program yang akan di laksanakan, yaitu pengadaan peralaatan kesehatan, salah satunya pengadaan alat pelindung diri (APD), jaringan pengaman ekonomi dan jaringan pengaman sosial.

“Apa yang kami lakukan ini, merupakan program penanganan covid-19 dari Pemkab Mamberamo Raya, yang didukung oleh TNI-Polri yang ada di sini. Kami sudah koordinasi langsung dengan bapak Bupati dan kami bersyukur didukung penuh untuk bersama-sama dalam rangka pencegahan covid-19 di Mamberamo Raya seperti yang kita lihat sekarang ini,” pungkasnya.

Sumber: Pendam XVII/Cenderawasih

#TC//team

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here