WAKAPOLDA PAPUA HADIRI PENANDATANGANAN MOU ANTARA PB PON XX DAN TNI-POLRI

TIFACENDERAWASIH.com, Jayapura – Pada hari Senin tanggal 11 Mei 2020 pukul 10.30 Wit bertempat di Hotel Horison Jalan Kotaraja-Abepura telah dilaksanakan kegiatan Pendatanganan MoU antara PB PON dengan TNI-Polri. Senin, (11/05).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki, Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmatika, Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Ketua harian PB PON Papua, Danlnud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr(Han), Ketua harian PB PON Papua Dr. Yunus Wonda, Sekretaris PBVSI PON Papua.

Ketua harian PB PON Papua Dr. Yunus Wonda dalam kesempatannya mengatakan dengan agenda kami PB Pon terkait dengan bagaimana kita menyiapkan seluruh persiapan terkait dengan penyelenggaraan PON XX tahun 2020 yang telah di geser ke tahun 2021 itulah yang saya ini dengan ifennya tapi seluruh kesiapan itu tetap kita siapkan terutama menjadi tugas kita adalah akomodasi menjadi catatan dari kami dan juga menjadi tetapan untuk pemerintah pusat selalu melihat akomodasi kita di Provinsi Papua.

Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI-Polri yang akan menyerahkan seluruh tempat yang kita pakai dalam penyiapkan persiapan akomodasi para atlet kita dan tamu kita yang akan hadir yaitu wisma dan asrama yang dimiliki oleh TNI-Polri.

Kami juga menyiapkan hal yang sama dengan dilihat lokasi para atlet yang akan di pakai dan juga penuh dukungan yang tinggi dan juga asrama-asrama yang dimiliki pemerintah Kabupaten/Kota.

Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi dalam kesempatannya mengatakan bahwa sebagai warga baru di bumi Cenderawasih ini untuk baiknya saya memperkanalkan diri saya Brigjen TNI Bambang Trisnohadi saya baru melaksanakan serah terima dengan bapak brigjen TNI Irham Wairohan tanggal 6 Mei yang lalu sehingga beberapa hari saya menjabat sebagai Kasdam XVII Cenderawasih merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya berdinas dan bertugas di Bumi Cemderawasih dan kami mohon dukungan dan kerja sama dari rekan-rekan semua terutama dari PB Pon.

Terkait yang disampaiakan oleh bapak ketua harian PB Pon yang siang ini kami akan mendatangani MOU antar TNI-POLRI dan PB Pon terkait penggunaan fasilitas TNI-Polri yang menggunakan akomodasi dari pelaksanaan Pon.

Intinya disini kami menyiapkan persiapan kami dari TNI saya mewakili dari angkatan darat, laut dan udara ada beberapa fasilitas asrama maupun perumahan yang dapat digunakan, kalau angkatan darat untuk jajaran Kodam wilayah Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Merauke dan juga Timika ada beberapa satuan seperti Rindam, Batalyon kemudian Detasemen-Detasemen itu semua akan dibangun untuk mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Pon mendatang.

Sekali lagi menyampaiakan amal dari dari bapak panglima turut sangat senang dan kita berkomitmen untuk sama-sama menyukseskan pelaksanaan penyelenggaraan Pon mendatang dari sisi atau akomodasi dan juga dari sisi penyelenggaraan lainnya.

Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki pada kesempatannya mengatakan bahwa Kapolda Papua sangat mendukung ini adalah kebijakan pemerintah untuk MOU ini saya kira sangat perlu menjadi dasar-dasar untuk bekerja manakala ada sesuatu yang penting ini adalah legalitas, legalitas ini perlu didukung dengan lemilinatis dan Polda sudah menyiapakan dan silahkan pilih dari awal ada SPN, Rumah Sakit, ada tanah-tanah polda kita juga menyampaikan tanah-tanah Polda yang dibangun ada 3 antara lain, ada 42 pintu 32 hektar di danau sentani, ada di koya hampir 42 pintu tingkat 3, ada juga di belakang Polres Sentani itu 42 pintu juga.

Kita kemarin juga menyiapkan untuk rumah sakit Polri Bhayangkara itu dijadikan rujukan PB Pon dalam kelngkapan-kelengkapan, Ijin operasional kita sudah lengkapi listriknya juga sudah di pisahkan, ada juga persyaratan ini juga kita lengkapi.

Kita tetap siap mendukung hanya untuk kesiapan pengamanan memang ada perubahan-perubahan dan juga berapa ada personil yang dibutuhkan ini berkembang kalau kurang Kapolri juga sudah menyiapkan dan kita juga sudah menyiapkan anggota dari Mabes Polri untuk membackup dan juga kita meminta pembackupan dari TNI kami sampaikan ini sudah siap tinggal kedepan kita bagaiamana mengenalisir ini sama-sama sinergitasnya sehingga Pon ini mau diundur atau tidak baik kemarin ada kebijakan MOU diundur kita siap dalam rangka kebijakan pemerintah ini.

Intinya Polda Papua siap lakukan pengamanan, pengawalan dengan kekuatan yang ada dan juga kita siap untuk meminta BKO dari TNI kalau apabila kita perlukan yang penting sehingga semua kita lakukan bisa berjalan dengan aman dan baik.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih dengan kegiatan ini semoga dengan pelaksanaan-pelaksanaan yang akan dilaksanakan kita semakin siap sekali lagi dengan semboyan harus prestasi jangan sempat lagi Papua ini yang menyerahkan piala kepada cabor-cabor yang datang bertanding di tempat kita ini.

Sumber: Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Kompol Anton Ampang.

Editor: TC//team

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here